Kamis , 29 Februari 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

15 Minuman Sehat, Segar dan Kaya Manfaat bagi Tubuh, Berikut Penjelasannya!

Ini Daftar 5 Minuman Sehat Untuk Anak

Madingmu.com –  Untuk menjaga kesehatan tubuh, kamu harus lebih memperhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh. Seringkali, kita hanya menjaga asupan melalui makanan saja dan melupakan sehatnya minuman.

Jika kamu ingin mulai menjaga asupan minuman kamu, kamu dapat memulai dengan minum minuman yang sehat dan mampu mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh. Minuman sehat bukan hanya air mineral saja. Banyak pilihan minuman sehat di luar sana yang dapat kamu konsumsi setiap hari nya tanpa adanya efek samping apa pun.

Dengan begitu banyak minuman yang seharusnya sehat untuk dipilih sehari-hari, bagaimana kamu tahu apa sebenarnya minuman yang paling sehat?

Jika kamu benar-benar ingin meningkatkan kesehatan kamu, kamu harus tahu ungkapan para studi mengenai beberapa minuman sehat di bawah ini dan kegunaannya!

  1. Susu Rendah Lemak

Susu merupakan minuman yang sudah sering ditemui sejak kecil. Susu dianggap sebagai sumber kalsium dan vitamin D yang sangat baik sejak masih kanak-kanak, susu rendah lemak dan skim juga merupakan sumber protein dan mikronutrien yang penting untuk tubuh kamu.

Dan varietas rendah lemak ini adalah pilihan terbaik karena mengandung jauh lebih sedikit lemak jenuh daripada susu murni. Nah, dengan pilihan susu rendah lemak ini, kamu dapat melengkapi menu kudapan sehat setiap hari dengan susu yang sehat.

  1. Jus Delima

Delima atau pomegranate ini telah di uji hingga akhirnya nge-trend karena antioksidan kuat yang dibungkusnya. Penelitian menunjukkan bahwa jus merah ini dapat membantu mencegah peradangan, penyakit jantung, dan kanker.

Dan mengkonsusmsi jus delima segelas setiap hari nya adalah pilihan yang baik. Pastikan kamu minum jus delima yang murni dan jangan meminum minuman delima yang di kemas dan dijual dengan harga yang murah.

Hal ini dilakukan untuk menghindari jus yang sudah dicampur dengan berbagai campuran zat kimia.

  1. Teh Hijau

Teh hijau diakui sebagai salah satu minuman terbaik untuk pencegah kanker, tetapi tahukah kamu bahwa teh hijau juga terbukti dapat meningkatkan fungsi arteri, sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular?

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang tua Tionghoa yang diteliti memiliki fungsi arteri orang Australia di usia 20-an! Apa rahasia mereka? Para peneliti percaya bahwa teh hijau termasuk dalam diet tradisional yang dilakukan oleh masyarakat China sejak dulu.

  1. Jus Bit

Bit memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah kamu, meningkatkan stamina kamu dan meningkatkan aliran darah ke otak pada orang dewasa yang lebih tua (memperlambat perkembangan demensia).

Buah bit juga mampu membuat hati yang sehat dengan nol trans dan lemak jenuh, serta mengandung magnesium tinggi, kalsium, dan tingkat zat besi.

Lalu, satu-satunya kekurangan dari jus bit adalah sulit untuk ditemukan di sebagian besar supermarket atau pasar. Jadi, kamu mungkin perlu membuatnya di rumah atau memesannya dari toko jus tertentu.

  1. Jus Jeruk

Segelas jus jeruk segar segar benar-benar sehat untuk asupan vitamin C pada tubuh. Namun, banyak yang menganggap cara membuat jus jeruk ini merupakan cara yang rumit. Jika itu masalahnya, simpanlah untuk saat yang paling praktis, seperti musim alergi.

Alergi musiman telah terbukti dapat ditenangkan dengan vitamin C dan quercetin (suatu bentuk flavonol yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran tertentu), yang keduanya terkandung dalam jus jeruk segar.

  1. Cokelat Panas

Coklat panas? Bagaimana mungkin? Jika kamu berurusan dengan kram menstruasi, salah satu cara alami terbaik untuk meredakan rasa sakit adalah melalui minum minuman dengan kandungan magnesium tinggi.

Untuk mendapatkan magnesium itu, kamu perlu membuat cokelat panas buatan sendiri dengan bubuk cokelat mentah. Jika kmu perlu sedikit mempermanisnya, cobalah susu almond dan madu atau sedikit sirup maple.

  1. Jus Lemon

Lemon memiliki kemampuan seperti membersihkan hati, merangsang produksi empedu, dan membantu pencernaan. Lemon juga dapat membawa vitamin C ke tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu.

Kamu dapat mengonsumsi jus lemon ini setiap pagi untuk mendetoks tubuh kamu agar terbebas dari radikal bebas yang membandel.

  1. Teh Jahe

Jahe adalah obat alami yang sangat baik untuk semua masalah perut. Jahe telah dipromosikan sebagai cara untuk meredakan sakit perut, meringankan mabuk perjalanan dan mual terkait kehamilan, dan meringankan pencernaan.

Buat secangkir teh jahe segar sendiri dengan merendam satu atau dua irisan tipis jahe segar dalam secangkir air panas. Sendok sedikit madu agar lebih halus dan menenangkan tenggorokan.

  1. Jus Kale

Semua orang suka kale. Tetapi ada alasan yang tepat mengapa begitu banyak orang jatuh cinta dengan minuman sehat ini. Hijau gelap dan berdaun keriting dengan vitamin dan mineral yang dapat membantu segala hal mulai dari kesehatan tulang hingga mengatur usus kamu.

Hindari membeli yang sudah di kemas dalam botol, karena variasi tersebut cenderung mengandung cukup banyak natrium. Mungkin bukan ide yang buruk untuk berinvestasi dalam juicer dan mulai membuat jus kale, dan jus sayuran lainnya di rumah.

  1. Jus Kranberi

Jus cranberry atau kranberi dikemas dengan antioksidan yang dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular dan beberapa jenis kanker, dan menjaga saluran kemih agar tetap sehat.

Minuman olahan dari buah ini punya cita rasa asam sendiri, sehingga dikombinasikan dengan gula atau jus buah manis lainnya. Pastikan juga kamu mencari varietas yang 100% murni tanpa tambahan pemanis buatan atau lainnya.

  1. Air Kelapa

Rasa air tropis ini sedikit kontroversial. Beberapa orang menyukainya, dan beberapa membencinya. Tetapi tidak ada yang memperdebatkan fakta bahwa meminumnya dapat melembabkan tubuh dan memberikan jumlah kalium yang mengejutkan.

Kalium memainkan peran penting dalam menjaga detak jantung yang sehat dan mengatur tekanan darah.

  1. Jus Tomat

Jus tomat kaya akan nutrisi seperti vitamin C, vitamin B, dan kalium. Jus ini juga merupakan sumber antioksidan yang sangat baik, seperti likopen, yang dapat mengurangi peradangan dan risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

  1. Kombucha

Ramuan ini adalah minuman terpanas di setiap kulkas pecandu kesehatan. Bersoda dan difermentasi, kombucha dikemas dengan probiotik, seperti makanan fermentasi sehat lainnya, yang mempromosikan bakteri sehat dalam usus.

Bakteri ini membantu pencernaan, dan membantu penyerapan vitamin dan mineral.

  1. Air dengan Cuka Apel

Studi terbaru telah mengkonfirmasi bahwa mengonsumsi cuka dengan makan dapat  mengurangi lonjakan gula darah, insulin, dan trigliserida. Ini juga meningkatkan rasa kenyang setelah makan.

Selain itu, asupan cuka apel ditemukan dapat mengurangi berat badan dan massa lemak tubuh. Jika kamu ingin membuat minuman cuka kamu sendiri, cukup tambahkan 1 atau 2 sendok makan cuka sari apel hingga 8 ons air.

Ingat ya, Toppers, jangan langsung minum cuka. Karena asam asetat dalam cuka dapat ‘membakar’ kerongkongan kamu.

  1. Teh Kamomil

Siapa yang suka ngeteh? Teh kamomil ini merupakan teh herbal yang mengandung sifat anti-inflamasi, antispasmodik, dan karminatif, yang membantu menenangkan garis perut.

Minum secangkir teh chamomile dapat meredakan sakit perut, kram menstruasi, sindrom iritasi usus, gangguan pencernaan, dan gas perut.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan212
Literasi Keuangan34
Ruang Siswa139
Beasiswa229
School lifehack131
Hiburan183
Editor's Pick1130
Terpopuler1089
Opini10
Serba Serbi466

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.