Jumat , 24 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

6 Tips Menabung Ala Orang Jepang Dengan Metode Kakeibo, Auto Cepat Kaya!

ilustrasi menabung 169

Madingmu.com – Semua orang tahu bahwa menabung itu sangat penting, akan tetapi tidak semua orang bisa melakukannya. Kalau kamu termasuk golongan orang yang sulit menabung, mungkin kamu akan tertarik untuk mengikuti tips berikut ini.

Seperti yang diketahui banyak orang, mengubah kebiasaan finansial yang buruk sangat lah tidak mudah, salah satunya karena kebiasaan belanja kamu yang sudah tertanam kuat dalam rutinitas sehari-hari, dan tindakan berbelanja juga mencakup aspek emosional yang sulit dilepaskan.

Untuk membantu kamu membuat keputusan finansial yang lebih cerdas. Kamu bisa mengunakan kekeibo ala orang jepang.

Apa itu Kakeibo?

Kakeibo adalah filosofi keuangan dari Jepang. Kakeibo pada mulanya adalah metode pengelolaan keuangan terkenal yang banyak dilakukan para ibu rumah tangga di Jepang. Metode ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 oleh seorang jurnalis bernama Makoto Hani. Dan pada tahun 2017, kakeibo kembali dipopulerkan melalui sebuah buku yang ditulis oleh Fumiko Chiba yang berjudul Kakeibo: The Japanese Art of Saving Money.

Seperti semua budgeting keuangan, tujuan di balik kakeibo ialah membantu kamu dalam memahami hubungan dengan uang dan mencatat semua pengeluaran serta pemasukan. Yang membedakan kakeibo dengan yang lainnya adalah ia tidak menggunakan teknologi digital apapun seperti aplikasi atau lembar Excel. Kakeibo menekankan pentingnya menuliskan sesuatu secara fisik sebagai cara meditatif untuk memproses dan mengamati kebiasaan belanja kamu.

Menurut metode kakeibo, kamu harus bertanya pada diri kamu sendiri pertanyaan-pertanyaan berikut sebelum membeli sesuatu :

  • Bisakah saya hidup tanpa barang ini?
  • Berdasarkan situasi keuangan saya saat ini, apakah saya mampu membelinya?
  • Apakah saya akan benar-benar menggunakannya?
  • Apakah saya punya tempat untuk itu?
  • Bagaimana saya pertama kali menemukan barang ini? (Apakah saya melihatnya di Instagram? Apakah saya menemukannya setelah berjalan-jalan di mall karena bosan?)

Berikut ini adalah 6 tips menabung yang disarikan dari filosofi Kakeibo.

  1. Menulis manual seluruh pemasukan

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan ialah mencatat seluruh pemasukan setiap awal bulan, baik dari pemasukan rutin seperti gaji bulanan maupun penghasilan tambahan.

Metode Kakeibo sangat menyarankan kamu untuk mencatat keuangan dengan cara menulis memakai pena atau pensil di buku agar kamu benar-benar meresapi apa yang kamu catat.

  1. Nabung dulu, baru alokasi dana ke beberapa pos

Metode Kakeibo menyarankan kamu untuk menyisihkan terlebih dahulu uang yang akan ditabung, baru kemudian mengalokasikan sisanya ke beberapa pos pengeluaran. Dalam metode Kakeibo, ada empat kategori pos pengeluaran, sebagai berikut :

  1. Survival atau kebutuhan pokok seperti biaya makan, tagihan, cicilan, dan kewajiban lainnya.
  2. Optional atau kebutuhan sekunder mencakup hiburan, makan di luar, dan sebagainya.
  3. Culture atau kebutuhan untuk tambahan wawasan, contohnya buku, film, majalah, dan lain sebagainya.
  4. Extra atau pengeluaran lainnya seperti beli kado untuk ulang tahun teman anak, uang melayat tetangga, dan lain sebagainya.
  5. Bertransaksi pakai uang tunai

Bertransaksi menggunakan kartu debit atau kredit sering kali membuat seseorang tidak sadar dengan jumlah uang yang dikeluarkan. Oleh karena itu, cobalah untuk bertransaksi dengan uang tunai agar kamu bisa lebih sadar tentang berapa nominal yang sudah dikeluarkan untuk berbelanja.

  1. Tunggu 24 jam sebelum membeli barang

Orang Jepang biasanya melakukan pertimbangan yang cukup lama sebelum memutuskan untuk membeli suatu barang. Kamun bisa mencoba untuk tidak membiasakan diri membeli barang yang disukai setelah melihatnya.

Pikirkan terlebih dahulu setidaknya satu hari penuh untuk melihat apakah barang itu hanya sebatas keinginan atau benar-benar suatu kebutuhan. Bila kamu masih berpikir tentang barang itu setelah satu hari, barang nya memang sesuai kebutuhan, serta keuangan mencukupi, maka belilah barang tersebut.

  1. Membuat pengingat di dompet

Salah satu trik menarik yang bisa kamu lakukan untuk menabung adalah menyisipkan catatan pengingat di dompet dengan tulisan “Apakah kamu BENAR-BENAR membutuhkan barang ini?”

Dengan begitu kamu akan terus ingat untuk selalu melakukan pertimbangan sebelum melakukan transaksi belanja.

  1. Sering-sering cek saldo rekening

Dengan sering memeriksa sisa saldo rekening yang tersisa dapat membantu kamu untuk mengontrol keuangan. Hal itu akan membantu kamu untuk lebih fokus dalam mengatur jumlah uang yang harus dikeluarkan.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan213
Editor's Pick1497
Terpopuler1452
Opini10
Serba Serbi619

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.