Rabu , 26 Juni 2024
BeasiswaEditor's PickSerba SerbiTerpopuler

5 Ide Bisnis Bagi Anak Remaja, Bisa Nambah Uang Jajan dan Anti Ribet!

asia female ceramist with apron hand open entrance door home her workshop clay sculpture studio with positive smiling warm welcome ready open her newbie course learn how sculp ceramic art

Madingmu.com –  Remaja adalah anak-anak yang akan segera beranjak ke tahapan dewasa. Tak mengherankan jika mereka juga memiliki banyak keinginan dan kebutuhan layaknya orang dewasa pada umumnya.

Meskipun begitu, kita semua tahu bahwa remaja tak punya banyak kesempatan untuk bekerja karena selain batasan usia, mereka juga masih punya kewajiban untuk belajar. Dilansir dari Shopify, ide bisnis untuk menambah uang jajan ini bisa dicoba oleh para remaja. Simak berikut ini!

  1. Menjadi Tutor
tutor with litthe girl studying home scaled
Tutor with pupil. Little girl studying. Private lesson.

Jika kamu punya bakat dalam mata pelajaran tertentu atau punya keahlian dalam bermusik, kamu bisa mencoba mengajarkannya kepada orang lain. Meskipun begitu, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu cukup sabar dan fokus pada detail sebelum mencoba mengajari orang lain.

Kamu bisa mencoba untuk mengajari secara tatap muka atau membuka kelas virtual secara daring. Sama seperti ide bisnis untuk remaja yang sebelumnya, untuk mengembangkan usahamu, kamu perlu meminta bantuan pelanggan untuk menyebarkan informasi mengenai jasamu dari mulut ke mulut atau meminta mereka meninggalkan ulasan secara daring.

  1. Layanan Penjagaan Anak
mother daughter studying alphabet scaled
Mother and daughter studying the alphabet

Layanan penjagaan atau penitipan anak adalah ide bisnis untuk remaja yang layak untuk dicoba jika kamu baru pertama kali mencoba untuk berbisnis. Lewat kesempatan ini, kamu bisa menghasilkan tambahan uang jajan sekaligus membangun kemampuan interpersonal dan mengaplikasikan pengetahuan yang kamu miliki.

Mulai bisnismu dengan cara membuat situs profesional yang mempromosikan kredensial, upah, serta jadwal bekerjamu. Kamu juga bisa membuat jasamu makin dikenal baik dengan cara meminta klien yang telah bekerja sama denganmu untuk menulis testimoni di situs tersebut.

  1. Mendesain dan Menjual Produk Sesuai Permintaan

Jika kamu suka menggambar dan membuat desain digital, menjual karyamu secara daring merupakan ide bisnis anti ribet yang bisa kamu coba sebagai pelajar. Kamu juga bisa mencari aplikasi yang bisa menjadi media untuk mencetak karyamu.

t shirt painting indoors still life scaled

Selain menjual karya secara digital, kamu juga bisa menjual topi, kaus, hingga botol minum dengan gambar yang sudah kamu desain sesuai permintaan pasar.

  1. Mendesain Situs dan Toko Online

puz4ap5ms8sbbicddrbi

Jika keahlianmu ada pada teknik koding dan seni digital kamu bisa memulai bisnis desain grafis atau layanan mendesain web. Kamu bisa menawarkan jasa desain web dari nol, membuat logo atau selebaran, atau bahkan ikut membangun bisnis lokal secara daring.

Kamu yang suka main gim juga bisa mencoba belajar mendesain aplikasi atau gim secara daring sebagai sebuah ide bisnis. Bisnis lain yang bisa kamu coba dengan komputermu juga tak sedikit, mulai dari entri data, membuat video tutoring bertema teknologi, hingga jasa transkripsi.

  1. Menjual Produk Kerajinan Tangan

13. kerajinan tangan

Lagi-lagi ide bisnis anti ribet yang satu ini cocok untuk remaja dengan kreativitas tinggi. Kamu yang suka membuat kerajinan tangan bisa menjual produk-produk seperti pakaian dengan gambar berpola yang dijahit sendiri, perhiasan buatan tangan, sabun bambu, hingga kartu ucapan.

Kamu bisa menjual hasil karya kerajinan tangan ini melalui situs jual beli daring seperti Shopee, Tokopedia, hingga TikTok Shop. Kamu juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk dan karya serta tutorial lewat unggahan-unggahan yang kamu buat.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.