Kamis , 29 Februari 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

3 Tips Mudah Dalam Mendeteksi Produk Kosmetik Ilegal Ala BPOM

1702968077236 skincare

Madingmu.com – Produk kosmetik dan perawatan kulit atau skincare berbahaya akhir-akhir ini banyak sekali bermunculan di toko online. Saat kita menggunakan produk tertentu, kulit akan menyerap sekitar 60 persen bahan yang ada di dalam produk tersebut. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati dalam memilih produk skincare agar terhindari dari efek buruk yang akan ditimbulkannya.

Berdasarkan hasil patroli dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada Januari-September 2023, ditemukan 10 ribu link produk kosmetik dengan bahan terlarang yang dijual secara online. Mayoritas produk tersebut mengandung bahan berbahaya yang dapat memicu kerusakan pada kulit hingga organ dalam.

Dari hasil temuan tersebut, merkuri dan hidroquinon termasuk bahan berbahaya yang banyak ditemukan dalam kosmetik ilegal. Dua bahan tersebut sangat berbahaya sekali apabila digunakan dalam jangka panjang karena dapat mengakibatkan kanker kulit, kerusakan hati, ginjal, sistem pencernaan hingga paru-paru.

Plt Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik BPOM RI Riri Indriani saat ditemui oleh detikHealth pada awal Desember 2023 mengungkapkan bahwa membedakan kosmetik ilegal berbahaya secara fisik saat ini terbilang susah karena modus penipuannya sudah sangat canggih.

Sebelum membeli produk skincare dan kosmetik, berikut tiga tips dalam mendeteksi produk kosmetik ilegal ala BPOM :

  1. Selektif

IMG 20220726 173340 633.jpg

Tidak semua produk akan cocok dan aman digunakan untuk kulit, karena setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kamu perlu selektif dalam memilih produk tertentu.

Pastikan terlebih dahulu untuk mengecek komposisi, bentuk dan kondisi produk. Apabila kandungan bahan di dalamnya sesuai untuk jenis kulit kamu, maka pastikan pula produk tersebut higienis dan belum kedaluwarsa.

  1. Cek Izin Edar

c023717150b3cf8e1b7341c54ef8ca9d

Sebelum membeli produk skincare dan kosmetik, pastikan kamu mengecek nomor izin edar produk tersebut. Meskipun kamu menemukan produk yang belum terkenal dan sudah tertera label BPOM, sebaiknya cek kembali izin BPOM dan komposisinya untuk memastikan aman atau tidaknya produk tersebut.

Apabila produk tersebut ternyata sudah tercatat resmi di BPOM, kamu juga perlu memastikan produk tersebut aman atau tidak apabila digunakan oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Meskipun terdaftar BPOM, tapi tidak semua produk skincare dan kosmetik mengandung bahan yang aman bagi ibu hamil dan ibu menyusui.

  1. Beli di Toko Resmi

Thephraseid

Saat kamu sudah menentukan produk yang aman, maka belilah produk tersebut di toko resmi atau official store, hal ini berguna agar menghindari pembelian produk palsu. Umumnya, produk palsu memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan barang yang ada di toko resmi. Jadi, jangan mudah tertipu rayuan pedagang atau iklan di toko online, ya.

Harga skincare dan kosmetik murah seringkali membuat kita tergoda untuk membelinya. Namun, harus diingat bahwa produk tersebut terkadang dapat membahayakan kesehatan. Apabila kamu menemukan produk yang belum BPOM dan mengandung bahan berbahaya, kamu bisa sesegera mungkin untuk melaporkan ke BPOM agar segera ditindak lanjuti.

Itulah tips memilih skincare dan kosmetik dari BPOM. Pastikan cek izin edar dan beli produk di toko resmi.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan212
Literasi Keuangan34
Ruang Siswa139
Beasiswa229
School lifehack131
Hiburan183
Editor's Pick1130
Terpopuler1089
Opini10
Serba Serbi466

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.