Kamis , 25 April 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

5 Buah yang Baik untuk Kesehatan Otak, Bisa Tingkatkan Daya Ingat Lho!

20220226145614000000pexelstrangdoan1132047

Madingmu.com – Otak menjadi salah satu bagian tubuh yang penting untuk dijaga kesehatannya, Menjaga kesehatan otak sama saja dengan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Namun ada banyak masalah kesehatan pada otak, salah satunya adalah daya ingat yang menurun. Banyak faktor yang membuat daya ingat menjadi menurun, salah satunya ialah karena bertambahnya usia yang semakin tua. Hal tersebut terjadi akibat fungsi saraf yang tidak lagi optimal karena aliran darah ke otak berkurang.

Oleh sebab itu penting sekali bagi kita untuk menjaga kesehatan otak selagi masih muda. Salah satunya dengan hidup sehat dan mengatur asupan makanan yang bergizi. Dilansir dari laman Mayo Clinic, makanan yang mengandung lemak sehat serta berbagai makanan nabati yang kaya fitonutrien baik untuk otak.

Fitonutrien sendiri adalah senyawa antioksidan yang ada dalam berbagai tanaman. Yang mana, senyawa ini dapat membantu memperlambat proses penuaan serta mengurangi risiko berbagai penyakit, termasuk penyakit otak.

Selain makanan, ada juga berbagai jenis buah yang baik dikonsumsi untuk kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah 5 di antaranya.

  1. Buah Beri

080563600 1437629776 kanker 4

Buah beri seperti blackberry, blueberry, dan stroberi kaya akan antosianin dan kandungan flavonoid lain yang dapat meningkatkan fungsi memori di otak.

Sebuah studi di Harvard’s Brigham and Women’s Hospital menyebutkan, bahwa perempuan yang mengonsumsi dua porsi atau lebih stroberi dan blueberry setiap minggu nya akan mengalami perlambatan penurunan memori hingga dua setengah tahun.

  1. Apel
Ini Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan
Ripe red apples on table close up

Dilansir dari laman Mosh, Apel memiliki banyak kandungan quercetin di dalamnya. Quercetin sendiri merupakan flavonol yang termasuk ke dalam kelas polifenol flavonoid. Manfaat quercetin adalah membantu melindungi sel-sel pembuluh darah otak dari stres oksidatif.

Beberapa penelitian bahkan menunjukkan, konsumsi apel setiap hari dapat membantu menurunkan risiko Alzheimer dan demensia.

Para peneliti juga menemukan bahwa memasukkan apel ke dalam makanan sehari-hari dapat melindungi sel-sel neuron dari neurotoksisitas akibat stres oksidatif, dan berperan penting dalam mengurangi risiko gangguan neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer.

  1. Alpukat

Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit 1200x900 1

Alpukat merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin serta mineral. Setiap porsi alpukat memberi lebih dari 20 vitamin dan mineral penting, termasuk folat, magnesium, potasium, vitamin C, dan vitamin B lainnya. Alpukat juga memiliki lebih banyak protein dan mengandung lebih sedikit gula.

Lemak tak jenuh tunggal yang juga terkandung di dalam alpukat, penting untuk kesehatan jantung. Mengonsumsi lemak tak jenuh tunggal dapat membantu mendukung tekanan darah yang sehat, sehingga berpotensi menurunkan risiko gangguan kognitif di kemudian hari.

  1. Jambu Biji

048932800 1607588645 Faedah Jambu Biji untuk Kesehatan Balita shutterstock 173770400

Manfaat utama dari jambu biji adalah konsentrasi vitamin A, vitamin C, vitamin B3 (niasin), dan vitamin B6 (piridoksin) yang sangat tinggi. Selain itu, jambu biji memiliki banyak karotenoid dan polifenol.

Karotenoid dapat melewati penghalang darah-otak dan dikenal sebagai agen antioksidan dan anti-inflamasi yang sangat kuat. Sifat-sifat ini memberikan banyak dukungan untuk sistem saraf dengan melindunginya dari radikal bebas, peradangan, dan kerusakan DNA.

Polifenol bermanfaat karena sifat neuroprotektifnya yang dapat membantu mencegah kerusakan neurotoksin.

  1. Pisang

Kenali Ciri Buah Pisang Matang 1200x900 1

Pisang memiliki konsentrasi triptofan yang sangat tinggi. Triptofan adalah asam amino yang digunakan oleh tubuh untuk menghasilkan berbagai protein penting. Dua protein terpenting yang dihasilkan oleh triptofan adalah melatonin dan serotonin.

Melatonin penting untuk mengatur siklus tidur harian, sedangkan serotonin mengatur nafsu makan, suasana hati, hingga dorongan seks. Serotonin juga dapat meningkatkan kapasitas memori otak.

Itulah deretan buah-buahan yang dapat membantu menjaga kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat. Jangan lupa menjaga kesehatan otak.

Follow Juga : Instagram madingmu

 

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan40
Ruang Siswa153
Beasiswa280
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1373
Terpopuler1332
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.