Rabu , 19 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSerba Serbi

Penjelasan Lengkap Seputar Publik Speaking Tips Lancar untuk Pemula

corporate businessman giving presentation large audience

Madingmu.com – Public Speaking sudah tidak asing lagi di masa kini. Meski terbilang mudah tapi tidak semua orang dapat melakukannya. Public Speaking itu hanya berbicara di depan khalayak ramai, menyampaikan materi seperti layaknya orang mengobrol, yakin? Memang gak salah sih publik speaking itu berbicara didepan orang banyak untuk menyampaikan sebuah materi yang telah di siapkan baik berupa ajakan, saran ataupun lain sebagainya.

Kamu juga pasti pernah melakukan presentasi di depan kelas, bagaimana rasanya? Jika kamu belum terbiasa melakukannya pasti akan merasakan demam panggung, atau grogi. Padahal saat kamu mengobrol terlihat biasa dan santai-santai saja. Itu artinya terdapat perbedaan antara mengobrol dan publik speaking.

Mungkin jika hari ini kamu merasa publik speaking ini tidak membantu meningkatkan kualitas diri, pemikiran tersebut salah besar! Di era ini, Public Speaking menjadi point plus untuk meningkatkan kualitas diri, baik dalam bidang pekerjaan ataupun bidang pendidikan. Namun kelemahan dari publik speaking itu terletak dari kepercayaan diri ya guys. Madingmu share tips ampuh yang akan membuat publik speaking kamu lebih berkualitas, khusunya untuk para pemula. Yuk simak penjelasannya

Baca Juga : 5 Trick Jago Public Speaking

Apa Yang Dimaksud Publik Speaking?

Public Speaking artinya berbicara di depan umum. Secara umum Public Speaking adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk menyampaikan materi atau mempresentasikan sebuah topik di depan khalayak ramai.

Manfaat Public Speaking

  • Dapat menyampaikan informasi secara langsung

Kalau dipikir-pikir kita mendengarkan seseorang menyampaikan materi atau informasi lebih jelas secara langsung di banding lewat chat, telepon, atau zoom apalagi hal yang di sampaikan itu mempunyai bobot yang tidak sedikit. Maka dari itu publik speaking merupakan jawaban paling tepat yang dapat dilakukan untuk menyampaikan sebuah materi.

  • Dapat memberikan motivasi kepada orang lain

Selain kamu membawakan sebuah tema yang telah di siapkan untuk dapat di sampaikan kepada orang banyak, berdirinya kamu juga dapat menjadi motivator untuk para pendengar karna ketika kamu berbicara di depan orang banyak mereka hanya terfokus pada diri kamu maka dari itu kesempatan yang baik untuk menyampaikan sebuah motivasi yang mereka butuhkan melalui public speaking ini.

  • Dapat mempengaruhi audiens

Eits, jangan salah ya maksudnya mempengaruhi di sini adalah memberi pengaruh yang positif mengenai suatu hal yang tentunya harus dengan menyertakan fakta, riset dan terjamin kebenarannya.

  • Dapat menghibur dan berkomunikasi dengan audiens

Public speaking itu gak selalu kamu sendiri yang banyak omong loh. Kamu bisa berkomunikasi dengan orang banyak mendengarkan tanggapan dan pertanyaan mereka terkait hal yang di sampaikan apalagi kalo kamu bisa mencairkan suasana dengan menghibur para audiens supaya materi yang kamu sampaikan gak monoton dan ngebosenin.

Cara Membangun Rasa Percaya Diri

  1. Menguasai materi yang akan di sampaikan

Hal yang utama yang dapat membuat seseorang tidak percaya diri karena merasa dirinya belum mempunyai kesiapan. Penting sekali untuk kamu mempersiapkan hal yang akan kamu lakukan dengan matang, kalo bisa di jauh-jauh hari supaya masih banyak waktu luang untuk melakukan revisi ataupun memperbaiki kesalahan dan kekurangan.

Seorang Public Speaking profesional pun mereka harus menyiapkan materi yang akan di sampaikan dengan sangat matang dan mereka juga harus benar-benar memahami materi tersebut ingat ya guys jika ingin menyampaikan kembali jangan di hafal tapi di pahami. Kalo kamu menghafal semua teks yang telah kamu buat ada kemungkinan akan lupa tapi jika kita paham terhadap materi tersebut meskipun tidak terlalu mirip dengan teks tapi garis besar atau point utamanya dapat tersampaikan dengan baik. Jadi hal yang paling utama agar dapat terbangun rasa percaya diri yaitu adanya kesiapan dan penguasaan pada materi yang akan di sampaikan.

Baca Juga : Cara Menghadapi Culture Shock di Dunia Kerja Dan Dunia Perkuliahan

  1. Bangun pikiran yang baik (optimis)

Untuk kalian yang sering overthinking kalo lagiPublic Speaking mending di kesampingkan dulu ya guys, kamu harus membangun rasa optimis dengan memikirkan hal-hal yang baik terhadap audiens karena hal itu sangat mempengaruhi berdirinya kamu di hadapan mereka.

  1. Perbanyak latihan agar terbiasa

Apa kamu pernah mendenger kalimat bisa karena terbiasa?! Sesuatu yang tidak biasa dilakukan akan menjadi biasa jika sering dilakukan secara terus menerus. Begitupun ketika akan melakukan Public Speaking dengan terbiasanya latihan akan mengurangi kegugupan kita saat berada di depan banyak orang.

  1. Anggap audiens berada di pihak mu

Apapun yang kamu sampaikan kamu harus berfikir bahwa audiens sangat mendukung opini mu dan berada di pihak mu anggap topik yang kamu sampaikan memang mewakili pemikiran mereka.

  1. Buang pikiran negatif dalam diri kamu

Sama hal nya dengan berpikir optimis buang prasangka buruk yang kamu fikirkan kepada orang lain tentang diri kita, jangan beranggapan bahwa mereka tidak menyukaimu. Tapi, buatlah dirimu benar-benar percaya diri agar pendengar pun yakin dengan topik yang kamu sampaikan .

Follow Juga : Instagram Madingmu

 

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.