Rabu , 19 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Cara Menghadapi Culture Shock di Dunia Kerja Dan Dunia Perkuliahan

distressed fed up depressed alarmed furious woman losing control having mental breakdown shouting grab head stare camera with pain anger scream furious stand white wall 01

Madingmu.com – Culture shock adalah keadaan dimana kamu merasa kaget dan perasaan tertekan juga terhadap lingkungan dan budaya baru yang sedang hadapi. Kecemasan, kebingungan, dan frustrasi adalah gejala umum dari culture shock ini.
Saat kamu mengalami culture shock biasanya kamu cenderung merasa takut, gelisah, kesulitan untuk berkonsentrasi dan menjadi sensitif. Jika hal tersebut sudah kamu rasakan sebaiknya jangan terlalu panik dan menyerah untuk berkuliah. Madingmu punya tips menghadapi culture shock, simak informasinya berikut ini!

Baca Juga : Susah Fokus Pas Belajar? Ini Tipsnya!

Sebelum kamu mulai memasuki masa kuliah atau adaptasi kerja, kamu harus Bersiap untuk merasakan culture shock. Hal tersebut merupakah wajar dan sering dialami oleh mahasiswa baru, dan pada saat kamu merasakannya kamu harus memilih 2 hal ini :

  1. Culture Shock adalah sebuah tekanan (ujian)
  2. Culture shock adalah sebuah motivasi belajar

Mana yang akan kamu pilih? Tentunya kamu harus memilih nomor 2 ya guys!

Cara mengatasi culture shock ala madingmu :

1. Self-compassion

Saat kamu merasa tidak nyaman dengan hal-hal baru di kampus atau tempat kerjamu, akuilah! Menyadari dan mengakui perasaan tidak nyaman merupakan salah satu self-compassion, terimalah semua itu dengan rasa nyaman. Bahwa semua itu merupakan sebuah proses keberhasilan.

Jadi saat kamu merasa sedih, ingatlah untuk melakukan Self- kindness atau sadarlah kesadaran bahwa ketidaksempurnaan, kegagalan bisa terjadi pada setiap orang, sehingga kamu lebih bisa menerima kenyataan diri sendiri ketimbang marah dan menyalahkan diri.

2. Selalu ingat apa tujuanmu berkuliah

Kamu berkuliah adalah untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya, menjadi berprestasi, memiliki banyak relasi dan aktif sebagai mahasiswa?

Atau niat kamu untuk bekerja adalah untuk mencari uang, mencari pengalaman, menjalin relasi?

Maka fokuslah akan hal hal tersebut. Mulailah menyibukkan diri dengan mencari informasi seputar tujuan kuliah kamu, update skill pekerjaanmu. Jika kamu tidak memiliki tujuan, maka kamu akan terbawa arus!

3. Membuka diri

Membuka diri untuk belajar apa yang ada di hadapanmu adalah hal yang wajib kamu lakukan. Meskipun sulit menyesuaikan diri, tapi berusahalah sedikit demi sedikit untuk mengenal teman-temanmu, mengenal seperti apa kebiasaanya, kesukaannya. Bersosialisasilah sampai kamu menemukan siapa teman yang asik untuk diajak berdiskusi.

Dengan membuka diri, kamu berkesempatan mendapatkan besti dan support sistem kamu. Tapi ingat, meskipun kita membuka diri, kita tetap harus mengontrol diri, jangan terlalu menceritakan apa kekurangan dan kelebihan mu dihadapan orang yang baru kamu kenali. Sebaiknya lakukan dengan hati-hati sambil tetap menganalisa sekelilingmu.

Baca Juga : 5 Trick Jago Public Speaking

4. Terlibatlah dengan budaya baru

Saat kamu menolak dengan budaya baru di lingkunganmu, kamu akan merasa ‘berbeda’. Tidak ada salahnya menjadi berbeda, namu sebaiknya usahakanlah untuk terlibat dengan budaya-budaya, kegiatan baru yang sesuai denganmu. Karena dikemudian hari, hal tersebut akan menguntungkan untukmu juga.

Follow Juga : Instagram Madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.