Senin , 24 Juni 2024
School lifehackEditor's PickHeadlineTerpopuler

5 Trick Jago Public Speaking

Focus More on Topic

Madingmu.com Public Speaking atau berbicara di depan umum itu susah-susah gampang. Bukan hanya modal percaya diri, public speaking juga ada trick untuk membuat audiesmu tetap terfokus pada presentasimu. Ini dia 5 trick jago public speaking ala madingmu :

1. Kenali Siapa Audiensmu

Point pertama yang bisa membatu meningkatkan kepercayaan dirimu adlah dengan mengetahui siapa audiens kita nanti. “kenali siapa audience kita sebelum kita berbicara di depan mereka”. Ketahuilah apa latar belakang pendidikan, usia, serta jabatan audience kita. Mengenali audience kita sangat berpengaruh pada materi dan cara penyampaiannya.

Baca Juga : Tips Mengatur Uang THRmu Biar Gak Cuma Lewat Doang

2. Membuat Materi Yang Sesuai Degan Audiens

Penyampaian materi harus sesuai dengan siapa audience kita. Agar memudahkan kamu memahami materi, kamu bisa menuliskan poin-poin penting sebagai catatan. Hal tersebut akan jauh lebih efektif daripada menuliskan semua materi.

Penting bagi kamu untuk memahami terlebih dahulu semua materi yang akan kamu sampaikan. Untuk mengulas Kembali poin-poin presentasi, kamu bisa berlatih di depan cermin.

3. Lakukan Interaksi Dengan Audiens

Melakukan interaksi dengan audiens bisa membuat audiens Kembali fokus pada kita. Nyatanya, percaya diri untuk berbicara di depan umum saja ternyata tidak cukup! Kamu harus bisa membangun komunikasi dua arah dengan lawan bicara untuk meningkatkan suasana menyenangkan.

Interksi sederhana yang bisa kamu lakukan bisa hanya dengan menanyakan persetujuan satu orang dari audiens mu, mengajukan beberapa pertanyaan pendek, mencontohkan “strory” salah satu audience, melontarkan candaan dan lainnya.

4. Gunakan Gesture, Atur Volume Suara dan Intonasi Bicara

Penyampaian materi dalam public speaking akan lebih mudah dimengerti jika kamu bisa mengatur intonasi, nada bicara, dan volume suara. Gunakan intonasi dan volume suara yang tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah, saat intonasimu pas audiens akan lebih betah mendengarkan presentasimu.

Jangan lupa untuk menggunakan Gesture badan, untuk lebih meyakinkan audiens mu. Gerakkan tanganmu pada saat berbicara di depan umum, majulah beberapa Langkah kecil untuk membuat audiensmu tetap fokus.

Baca Juga : E-book Gratis Untuk Kamu Si Calon Mahasiswa

5. Sadar Waktu (Time Management)

Melatih kemampuan public speaking wajib dibarengi dengan belajar manajemen waktu. Dua hal ini tak bisa dipisahkan, kenapa? Karena terlalu lama mendengarkan orang berbicara di depan umum itu membosankan. Mengantisipasi hal tersebut kamu wajib tau berapa lama durasi kamu berbicara di depan umum, berapa lama sesi tanya jawab, dan lainnya.

Time Management yang buruk juga bisa menghambat agenda selanjutnya. Misalnya setelah kamu itu harusnya ada pemateri lain, tetapi karena kamu Overtime pemateri yang selanjutnya jadi harus menunggu lebih lama.

Baca Juga : Keyword Yang Memudahkan Kamu Saat Googling

Kalo kikuk terus lupa materi harus gimana dong?

Salah satu tujuan public speaking yang sebenarnya adalah mampu menginterpretasi satu pokok bahasan tertentu menjadi sebuah gagasan yang bisa disampaikan ke orang banyak.

Jadi, saat berada di depan audiens, kamu nggak perlu terus-menerus melihat dan membacakan catatan kalimat demi kalimat. Lakukanlah improvisasi sebagai penunjang public speaking.

 

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.