Senin , 22 April 2024
BeasiswaEditor's PickHeadlineTerpopuler

6 Cara Mendapat Beasiswa Tanpa Prestasi

kelas

Madingmu.com – Meski tak memiliki prestasi di suatu perlombaan atau kompetisi, kamu masih bisa mendapatkan beasiswa loh. Biasanya untuk mendapatkan beasiswa tersebut pendaftar harus memiliki suatu prestasi atau dari kalangan keluarga kurang mampu. Dilansir dari laman Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Selasa (12/9/2023) membagikan informasi mengenai cara mendapatkan beasiswa tanpa prestasi.

Kamu bisa juga menerapkan cara ini agar kamu bisa mendapatkan beasiswa dan meringankan biaya pendidikan kamu. Simak informasinya berikut ini:

  1. Siapkan Dokumen Lengkap

Disaat mendaftarkan beasiswa, tentu saja kamu harus menyiapkan sejumlah dokumen. Jangan sampai menyepelekan proses dan kelengkapan dokumen tersebut. Meski kamu cerdas atau berprestasi, kamu bisa saja kehilangan kesempatan mendapatkan beasiswa, jika terjadi kesalahan atau kekurangan dokumen yang menjadi persyaratan saat mendaftar beasiswa.

  1. Perbanyak Riset

Cara mendapatkan beasiswa tanpa prestasi adalah dengan memperbanyak riset. Kamu harus cari tahu berbagai jenis beasiswa yang disediakan. Apalagi di zaman sekarang, sangat dengan mudah mencari informasi melalui internet. Namun harus dipastikan beasiswa yang kamu pilih benar-benar ada dan bukan modus penipuan. Salah satu sumber terbaik untuk mendapatkan beasiswa yang tidak memerlukan prestasi adalah beasiswa yang diadakan oleh pihak swasta, seperti Lembaga social, perusahaan, korporasi, dan lain-lain.

  1. Cari beasiswa pemerintah

Kamu bisa mencari beasiswa dari pemerintah. Seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP) Hanya saja mahasiswa yang bisa menjadi penerima KIP Kuliah adalah mahasiswa yang benar-benar dari keluarga kurang mampu. Dan sejumlah persyaratan pun harus disiapkan untuk membuktikan bahwa kondisi finansial pendaftar KIP Kuliah, persyaratan yang di persiapkan pun cukup banyak. Kemudian disaat mendaftar KIP Kuliah kamu akan di hadapkan dengan proses verifikasi dan validasi oleh pihak kampus. Namun jangan khawatir karena KIP Kuliah ini bisa digunakan untuk mendaftar di perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS).

  1. Upgrade CV

Pastikan bahwa kamu sudah merapikan dan meng-update CV tersebut. Agar CV makin menarik, kamu bisa mencantumkan pengalaman organisasi yang pernah diikuti, ataupun penglaman magang atau bahkan pekerjaan yang pernah kamu jalani.

Baca Juga : 10 Beasiswa Tanpa TOEFL: Peluang Menuntut Ilmu di Luar Negeri Tanpa Batasan Bahasa!

  1. Membuat tulisan atau esay

Selain persyaratan dokumen, biasanya penyedia beasiswa juga akan memberikan syarat untuk membuat tulisan atau esai. Salah satu cara untuk mendapatkan beasiswa tanpa prestasi adalah menulis esai beasiswa yang baik dan menarik. Sehingga melalui esai yang kamu tulis, penyedia beasiswa bisa melihat kepribadianmu. Oleh karena itu promosikan diri kamu dengan baik, tapi harus dipastikan bahwa kamu adalah orang yang realistis, tidak sombong, dan tidak berbohong. Penulisan tema biasanya akan ada tema tertentu, hal ini tergantung oleh pihak penyedia beasiswa. Kamu pun harus bisa meyakinkan penyedia beasiswa bahwa kamu memang pantas untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

  1. Ikut kursus dan pelatihan

Semakin banyak pengalaman dan skill yang kamu miliki, makin banyak pula dilirik oleh pihak penyedia beasiswa. Kamu juga bisa mengikuti kursus ataupun pelatihan sesuai bakat dan minatmu. Dengan skill yang kamu mimiliki bisa menjadikan nilai plus.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan38
Ruang Siswa153
Beasiswa278
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1363
Terpopuler1320
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.