Senin , 26 Februari 2024
Editor's PickBeasiswaHeadlineTerpopuler

6 Cara Sukses Taklukkan Tes Wawancara Beasiswa, Para Pekerja Wajib Tau!

10 pertanyaan yang sering ditanyakan saat wawancara beasiswa

Madingmu.com – Menempuh pendidikan yang lebih tinggi kini banyak dipertimbangkan oleh para karyawan demi mempercepat jenjang karier. Karena itu lah, tidak heran jika semakin banyak karyawan yang berusaha untuk meraih kesempatan untuk melanjutkan jenjang pendidikan, salah satunya dengan mencari beasiswa.

Beasiswa merupakan program pembiayaan kuliah dengan seleksi ketat yang salah satunya melalui tes wawancara. Meski terdengar sulit, bukan berarti kamu tidak bisa menaklukkan seleksi beasiswa tersebut.

Berikut ini adalah beberapa cara taklukkan tes wawancara beasiswa yang bisa kamu terapkan selama proses seleksi, simak berikut ini.

Simulasi Wawancara

Coba cari tahu terlebih dahulu pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul saat wawancara. Lalu lakukan simulasi untuk menjawab pertanyaan tersebut dan tentu saja jawabannya harus selaras dengan dokumen yang kamu submit.

Kamu bisa berlatih dengan keluarga, teman, atau bahkan simulasi sendiri di depan cermin.

Jawab Pertanyaan dengan Terarah

Upayakan untuk menyusun jawaban dengan jelas dan terarah sehingga pewawancara mudah menangkap intisarinya. Kamu bisa menggunakan metode STAR untuk memudahkan, yang terdiri atas Situation – Task – Action – Result.

Penjelasannya, awali dengan menceritakan terlebih dahulu situasinya, lalu jabarkan tanggung jawab kamu dalam situasi tersebut, kemudian terangkan langkah-langkah kamu untuk mengatasi situasinya, dan akhiri dengan mendeskripsikan hasil yang dicapai.

Tenang dan Percaya Diri adalah Kunci

Rasa gugup memang bisa membuat kamu kehilangan dua sikap ini, padahal keduanya adalah aspek terpenting untuk mendapat penilaian positif dari pewawancara.

Apabila kamu menghadapi pertanyaan yang sulit, jangan ragu untuk meminta waktu sejenak. Jangan lupa pula untuk mengklarifikasi sebuah pertanyaan yang membuat kamu bingung.

Yakinlah bahwa kamu berhak mendapatkan beasiswa ini, sebab mencapai tahap wawancara berarti kamu sudah dianggap sebagai calon kandidat terbaik.

Hindari Bersikap Sok Tahu

Apabila kamu memang tidak mengetahui dengan pasti suatu hal yang ditanyakan, maka sebaiknya kamu jujur. Sekali kamu berupaya terlihat mengetahui segalanya, bisa jadi tim pewawancara akan menanyakan pertanyaan terus dan dapat membahayakan posisi kamu.

Tunjukkan Penampilan Terbaik

Usahakan untuk memakai pakaian resmi yang tetap nyaman. Jangan pula mengenakan pakaian dengan motif mencolok atau aksesori berlebihan.

Tunjukkan juga bahasa tubuh yang tidak berlebihan, seperti duduk dengan tegak, melakukan kontak mata, serta menghindari meletakkan tangan di atas meja.

Tutup Wawancara dengan Baik

Manfaatkan kesempatan untuk bertanya di akhir sesi. Hal ini untuk menunjukkan bahwa kamu punya rasa ingin tahu yang besar serta ingin membangun hubungan baik dengan lembaga penyedia beasiswa.

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada pewawancara dan usahakan untuk berjabat tangan dengan hangat dan profesional di akhir sesi wawancara.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan212
Literasi Keuangan34
Ruang Siswa135
Beasiswa226
School lifehack131
Hiburan180
Editor's Pick1115
Terpopuler1074
Opini10
Serba Serbi464

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.