Jumat , 24 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Bisa Mengurangi Stress, 5 Manfaat Membaca Buku Sebelum Tidur!

tidur

Madingmu.com Karena terlalu stres dan terlalu memikirkan banyak hal. Saat ini banyak orang yang mengalami kesulit tidur di malam hari. Padahal malam hari adalah waktu yang terbaik untuk beristirahat setelah melakukan berbagai aktivitas dari pagi hari hingga sore hari. Ada berbagai hal yang bisa dilakukan seseorang demi mendapatkan tidur yang berkualitas agar keesokan harinya bisa kembali segar dan vit supaya dalam melakukan aktivitas dengan penuh semangat.

Hal yang bisa dilakukan adalah ada yang berusaha mengatur jadwal tidur, mengurangi kafein, maupun menggunakan aromaterapi untuk memberikan efek relaksasi pada tubuh. Namun siapa sangka, ternyata dengan membaca buku di malam hari sebelum tidur, dapat memberikan banyak manfaat, loh! Salah satunya dapat mengurangi stres sehingga kamu akan bisa tidur lebih cepat. Intip yuk manfaat lainnya!

Meningkatkan Kualitas Tidur

Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas tidur adalah dengan cara membaca buku sebelum tidur, karena dengan tubuh yang rileks, dan terhindar dari stres, tidur akan menjadi lebih nyenyak dan tidak mudah terbangun di malam hari, sehingga waktu tidur pun akan kembali normal, bangun tidur pun bisa tepat waktu dalam keadaan segar dan siap menjalani hari.

Mengatasi Insomnia

Selain karena stres, banyaknya terkena paparan blue light dari ponsel, laptop, dan lain sebagainya yang kita gunakan sebelum tidur juga dapat mengakibatkan kamu kesulitan tidur, loh. Oleh karena itu, membaca sebelum tidur dapat mengurangi paparan blue light sehingga kamu akan cepat tidur dan juga dapat mengurangi risiko gangguan tidur lainnya.

Untuk sebagian orang, membaca mungkin sesuatu hal yang bahkan sangat sulit dilakukan, namun jika kamu memulai dengan membiasakannya hal ini akan bermanfaat untuk kesehatan kita juga. Jika kamu memiliki banyak sekali aktivitas dan sulit menemukan waktu yang tepat untuk membaca, maka membaca sebelum tidur menjadi solusinya.

Membuat Tubuh Lebih Rileks

Bagi orang yang suka membaca, membaca buku sebelum tidur adalah aktivitas sederhana yang menyenangkan. Hal itu dikarena kan saat membaca, kamu akan berimajinasi atau larut dalam bacaan tersebut sehingga kampu pun akan sejenak melupakan hal-hal buruk atau melelahkan yang terjadi dalam hidup kamu pada hari itu, sehingga kondisi pikiran pun akan menjadi lebih rileks dan damai.

Mempertajam Ingatan

Dengan membaca, cara berpikir dan daya ingat kamu akan semakin meningkat, imajinasi serta kreativitas kamu akan terasah, sehingga hal itu akan mempertajam ingatan kamu dan juga dapat mencegah pikun.

Baca Juga : Kesulitan Untuk Tidur Nyenyak? Lakukan 2 Hal Ini Agar Kualitas Tidurmu Lebih Baik

Meningkatkan Konsentrasi

Membaca dapat pula meningkatkan konsentrasi karena pikiran kamu akan tertuju pada isi buku dan mendalami isinya. Dalam kehidupan sehari-hari, ada banyak hal yang membutuhkan konsentrasi yang tinggi, dan hal itu perlu dilatih. Nah, salah satu cara melatihnya adalah dengan cara membaca, dan salah satu waktu yang tepat untuk membaca adalah sebelum tidur karena semua aktivitas wajib telah terselesaikan, sehingga kamu bisa lebih fokus dalam melakukannya.

Follow Juga : Instagram madingmu

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan213
Editor's Pick1497
Terpopuler1452
Opini10
Serba Serbi619

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.