Rabu , 19 Juni 2024
HeadlineOpiniSerba SerbiTerpopuler

5 Cara Memilih Buah-buahan yang Segar dan Matang

mixed fruits with apple banana orange other 74190 938

Madingmu.com-  Manfaat buah segar untuk kesehatan tubuh sangat beragam. Selain untuk memelihara kesehatan organ, kandungan nutrisi pada buah juga bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit bahkan dapat membantu proses penyembuhan penyakit. Umumnya, semua buah buahan segar menngandung nutrisi yang penting untuk tubuh. Nutrisi-nutrisi ini membuat manfaat buah untuk kesehatan tidak diragukan lagi dan sangat sayang untuk dilewatkan. Tidak heran jika para ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi buah segar setiap hari. Maka dari itu yuk baca berikut 5 cara memilih buah-buahan yang segar dan matang :

1. Tekstur Kulit

Untuk mengetahui tingkat kesegaran pada buah-buahan bisa dilakukan dengan cara meraba tekstur kulit yang segar dengan sensitivitas kulit tangan. Buah yang kokoh dan berat serta kulit kencang bisa jadi tanda bahwa buah tersebut masih segar.

2. Tampilan Visual

Cek bagian batangnya untuk memastikan buah masih segar. Apabila sekitar batang terlihat keriput atau tak sesegar bagian tengahnya, artinya sudah disimpan terlalu lama. Bentuknya lebih tidak beraturan dan secara visual akan terlihat jelas.

Baca Juga: Jangan Asal Diet, Lakukan 5 Tips Diet ini Untuk Remaja

3. Beli Buah Sesuai Musim Panen

Tidak semua buah dipanen pada musimnya. Paling tepat, pilih membeli buah yang lagi panen. Misalnya ketika musim mangga, akan lebih mudah memilih mangga segar dibanding ketika tidak musimnya. Selain itu, harganya juga akan lebih murah.

4. Perhatikan Warna

Buah seperti apel, pisang, ceri, melon, pepaya, peach, dan pear biasanya yang paling mudah dipilih berdasarkan warna. Misalnya, seperti pisang yang berwarna kuning termasuk siap makan dan tidak bisa disimpan terlalu lama karena akan terlihat menghitam tidak segar dan bahkan busuk.

5. Aroma

Setiap buah memiliki aroma yang berbed. Untuk memastikan anda memilih kesegaran dan kematangan buah yang sempurna, cium aroma yang menyeruak. Semakin tercium aromanya, maka semakin baik juga kematangannya .

Itu dia beberapa tips bagaimana caranya memilih tingkat kematangan dan kesegaran buah yang sempurna. Jangan sampai salah pilih ya, yuk mulai hidup sehat dengan banyak mengonsumsi buah-buahan.

Follow Juga : Instagram Madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.