Senin , 24 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Hari Anak Nasional : Fakta, Sejarah, Makna Logonya dan Link Download Desain Grafisnya

group children lying reading grass field
Group of children lying reading on grass field

Madingmu.com – Setiap tanggal 23 Juli Indonesia diperingati sebagai Hari Anak Nasional. Peringatan ke-39 akan dirayakan pada tahun 2023. Hari Anak Nasional diilhami oleh Pasal 28B ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang menyatakan bahwa setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Kehadiran UU No. 4 Tahun 1979 juga menyebabkan pemerintah lebih memperhatikan anak-anak Indonesia, khususnya dalam hal kesejahteraan anak.

Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) menetapkan Hari Anak Nasional pada tahun 1951. Namun, perayaannya baru dimulai pada tahun 1952, saat Presiden Soekarno menjabat. Hari Anak Nasional ditetapkan pada tahun 1984 melalui Keputusan Presiden (Keppres) No. 44/1984. Tanggal 23 Juli dipilih karena sesuai dengan tanggal pengesahan Undang-Undang Kesejahteraan Anak pada tanggal 23 Juli 1979

Baca Juga: 5 Ide Kegiatan Menyenangkan Untuk Mengisi Liburan Sekolah Anak

Logo HAN

Filosofi Logo Hari Anak Nasional 2023

  • Tiga Anak dengan Bendera Merah Putih Melambangkan bahwa setiap anak, khususnya anak disabilitas, memiliki cita-cita (ide) yang dapat diwujudkan melalui doa, semangat, dan dukungan keluarga. Anak-anak sebagai generasi penerus bangsa memerlukan pendampingan dan perlindungan agar dapat tumbuh menjadi manusia dewasa yang berjiwa Pancasila di bawah naungan sang sangsaka merah putih.
  • Warna merah dan putih melambangkan solidaritas dan nasionalisme anak-anak Indonesia untuk tetap berkreasi dan bergembira serta saling mendukung di masa-masa sulit.
  • Garis Abu-Abu merepresentasikan bahwa meskipun kondisi endemik COVID-19 telah mengubah gaya hidup anak, namun semua pihak tetap mengupayakan agar anak dapat mewujudkan hak-haknya, berbahagia, dan berkreasi dalam lindungan keluarga.

Baca Juga: Kisah Inspiratif Anak Peternak dari Pulau Lombok, Berhasil Gelar Doktor di Amerika

Kamu juga ikut berpartisipasi meramaikan hari anak nasional dengan menggunakan twibbon media sosial untuk menghidupkan kampanye Hari Anak Nasional.  Klik disini untuk membuat twibbon versi kamu

Kamu juga bisa mendownload seluruh asset Hari Anak Nasional 2023 disini

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.