Senin , 15 Juli 2024
HeadlineSerba SerbiTerpopuler

Jangan Asal Diet, Lakukan 5 Tips Diet ini Untuk Remaja

flay lay scale weights

Madingmu.com – Memiliki tubuh ideal merupakan suatu impian dari banyak orang. Diet dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya menjaga jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Makan-makanan yang tinggi lemak dan alkohol sangat berperan dalam penumpukan lemak.

Bagi sebagian orang diet merupakan hal yang menyiksa karena kita tidak dapat mengonsumsi makanan dan minuman secara bebas padahal kenyataanya diet dapat di lakukan dengan cara yang menyenangkan dan tidak menyiksa karena merasakan lapar yang teramat sangat.

Hakikat diet adalah cara mengatur keseimbangan, asupan gizi demi menjaga kesehatan. Bukan justru membuat perut kamu kelaparan yang dapat menyebabkan munculnya penyakit di tubuhmu.

Baca Juga: Tumis Batu, Makanan Khas China yang Unik dan Menarik! Cocok untuk Diet, Minat Mencoba?

Berikut merupakan cara yang paling tepat untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

1. Mengurangi Konsumsi Karbohidrat

Mengurangi asupan karbohidrat harian dapat membantu menurunkan kadar trigliserida. Ini adalah jenis lemak yang ada dalam darah. Penurunan kadar trigliserida dapat mendukung kesehatan jantung. Cara diet sehat ini biasanya sering dikaitkan dengan menghilangkan nasi dari menu utama. Padahal kamu masih boleh mengonsumsi nasi dalam porsi yang terbatas..

2. Mengurangi Lemak dan Kalori

Rendah lemak juga membantu menurunkan berat badan dan mengurangi risiko penyakit yang disebabkan oleh obesitas.Secara umum, batas konsumsi lemak per hari menurut Permenkes adalah 20-25 persen dari total energi (702 kkal) per orang per hari. Konsumsi lemak per hari tersebut sama dengan 5 sendok makan per orang per hari, atau 67 gram per orang per hari.

Selain mengurangi lemak, membatasi asupan kalori juga baik untuk mengurangi risiko munculnya penyakit tertentu, seperti diabetes, hipertensi, dan kolesterol tinggi. kalori akan disimpan di dalam tubuh sebagai jaringan lemak untuk cadangan energi. Nah, untuk mengurangi berat badan, kamu dapat membatasi asupan kalori harian melalui diet kalori. Dengan berkurangnya jumlah asupan kalori, tubuh pun akan memecah lemak yang tersimpan untuk dijadikan energi.

3. Menghindari Gula

Menjalani diet gula atau membatasi asupan gula tambahan untuk jangka waktu tertentu dinilai cukup efektif mengurangi berat badan. Tak hanya menurunkan berat badan, ada banyak manfaat diet gula lainnya. Misalnya saja mengurangi risiko terkena penyakit kronis seperti obesitas, diabetes, masalah gigi, hingga jantung.

Baca Juga: Menarik! Warteg Kekinian Dilengkapi WIFI hingga Kasir Online

4. Protein Secukupnya

Kelebihan protein biasanya disimpan sebagai lemak, sehingga asam amino dikeluarkan. Hal ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan seiring berjalannya waktu, terutama jika kamu mengonsumsi terlalu banyak kalori saat mencoba meningkatkan asupan protein.

5. Cukup Tidur

Tidur yang cukup merupakan salah satu bagian penting dalam upaya menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menambah waktu tidur menjadi 8 setengah jam bisa membantu orang dengan kelebihan berat badan untuk mengurangi asupan kalori.

Nah, guys itu dia tips seputar cara diet untuk remaja yang dapat dengan cepat mengurangi berat badan tanpa menyiksa tubuhmu dengan mengurangi makan dan minum secara drastis.

Follow Juga: Instagram madingmu

 

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan218
Literasi Keuangan54
Ruang Siswa162
Beasiswa305
School lifehack154
Hiburan236
Editor's Pick1649
Terpopuler1601
Opini10
Serba Serbi685




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.