Rabu , 19 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

10 Menit untuk Sehat: Kebiasaan Simpel yang Memperpanjang Umur

tua
Sumber: Google/Suara.com

Madingmu.com – Elemen-elemen yang mempengaruhi umur panjang terus dipelajari. Menurut sebuah penelitian, ada beberapa rutinitas yang dapat membantu Anda hidup lebih lama. Rutinitas ini mudah dilakukan dan hanya membutuhkan beberapa menit dari waktu Anda setiap hari. Rutinitas seperti apa yang dapat memperpanjang usia?

Rutinitas mudah untuk memperpanjang umur

Menurut Insider, beberapa perilaku mudah dapat memperpanjang umur seseorang. Olahraga Nutrisi yang optimal Menjalin hubungan sosial Pengurangan stres. Empat praktik yang disebutkan di atas dapat menambah usia seseorang hingga puluhan tahun. Menariknya, perilaku-perilaku ini hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk dilakukan.

Inilah alasannya:

  1. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

menyarankan agar setiap orang melakukan olahraga intensitas sedang selama 150-300 menit setiap minggunya, atau 75-150 menit seminggu untuk olahraga berat.

Namun menurut penelitian, bahkan 4-6 menit berolahraga dapat membuat jantung berdebar dan mengurangi risiko kematian dini. Gerakan singkat dan intensif serupa yang dilakukan berulang kali setiap hari dapat sangat menurunkan risiko kanker, menurut sebuah studi yang berbeda. Latihan aerobik dapat menurunkan kemungkinan kematian hanya dalam waktu 11 menit. Melakukan pekerjaan rumah sehari-hari, menari, dan berjalan kaki adalah contoh latihan aerobik.

  1. Mengonsumsi Makanan Sehat

Ahli diet menyarankan untuk memasukkan makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan ke dalam menu makanan Anda secara teratur. Pola makan nabati yang tinggi serat, vitamin, dan mineral membantu menurunkan risiko kondisi fatal seperti kanker usus besar. Kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran adalah contoh makanan berserat tinggi yang dikonsumsi oleh beberapa orang yang berumur lebih panjang. Selain itu, mikronutrien seperti polifenol dan antioksidan, yang terdapat dalam minuman seperti kopi, teh hijau, dan cokelat hitam, dapat meningkatkan kesehatan jantung dan melindungi dari penyakit kronis.

Baca Juga: Keringatan Tanpa Batasan: 7 Olahraga Tradisional Unik untuk Kesehatan Badan

  1. Bersosialisasi

Secara mengejutkan, kurangnya hubungan sosial di AS merupakan faktor dalam masalah kesehatan. Lansia yang kesepian memiliki peluang 32 persen lebih tinggi untuk meninggal daripada mereka yang memiliki jaringan sosial yang kuat. Menurut penelitian, memiliki hubungan sosial yang sehat dapat meningkatkan harapan hidup sebesar 5%.

  1. MengelolaStres

Stres adalah bagian alami dari kehidupan, tetapi dapat dikelola. Orang yang dapat mengendalikan stres secara efektif dapat mengurangi risiko mati muda sebesar 22%. Stres yang tidak terkelola dengan baik dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan berdampak negatif pada kesehatan jantung. Latihan pernapasan selama 5 menit sehari dapat membantu mengelola stres dan menurunkan tekanan darah.

Follow Juga : Instagram Madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.