Jumat , 24 Mei 2024
Editor's PickHeadlineHiburanTerpopuler

Meski Sudah Diet dan Olahraga, 4 Hal Ini Bikin Berat Badan Sulit Turun

berat badan

Madingmu.com – Strategi terbaik untuk mengurangi berat badan dengan aman adalah dengan mengontrol pola makan dan berolahraga secara teratur. Meskipun mereka mengikuti program diet dan olahraga yang ketat, beberapa orang tetap merasa berat badan mereka tidak turun. Sebenarnya, berbagai hal, termasuk obat yang kita minum, cara kita berolahraga, dan makanan yang kita makan, dapat menyebabkan penurunan berat badan.

alasan penurunan berat badan

Sudahkah Anda mencoba mengikuti rencana diet dan kebugaran yang ketat tetapi belum juga membuahkan hasil? Mungkin Anda telah menjadi korban dari beberapa kesalahan berikut ini?

1. Terlalu sering melakukan latihan kardio

Latihan kardio sangat penting dalam program fitnes karena mendukung kesehatan jantung, tapi terlalu banyak latihan kardio bisa berbahaya. Tubuh Anda mungkin menjadi lebih fokus pada daya tahan tubuh akibat latihan kardio, menyimpan energi dalam bentuk lemak sehingga memiliki cadangan bahan bakar yang cukup untuk membuat Anda terus beraktivitas. Rasa lapar Anda juga akan meningkat dengan latihan kardio. Anda bisa menjadi lebih rentan untuk makan berlebihan karena peningkatan ini.

2. Gagal menyeimbangkan makanan dan aktivitas

Beberapa orang mencurahkan seluruh perhatian mereka untuk membakar kalori. Namun, mereka tidak memperhitungkan sumber kalori atau energi mereka. Selain itu, jika Anda mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dibakar, berat badan Anda bisa bertambah. Ketika Anda berolahraga, pastikan Anda makan cukup kalori untuk mempertahankan berat badan Anda. Kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda, tergantung pada usia, tinggi badan, dan tingkat olahraga. Selain itu, berusahalah untuk mengonsumsi makanan seimbang yang mengandung biji-bijian, berbagai protein, buah-buahan, dan sayuran. Batasi konsumsi natrium, kolesterol, lemak trans, emak jenuh, dan gula tambahan.

Baca Juga : Manfaat Buah Naga untuk Diet

3. Pembatasan Makronutrien yang Berlebihan

Tubuh menggunakan karbohidrat sebagai sumber energi utama, sehingga menghilangkan semua makronutrien dari makanan Anda dapat menyebabkan peningkatan rasa lapar dan kecenderungan untuk makan berlebihan.

Oleh karena itu, pastikan makanan rutin Anda mencakup berbagai nutrisi, seperti:

  • Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks dapat ditemukan dalam makanan seperti quinoa, ubi jalar, dan gandum.

Kurangi jumlah karbohidrat sederhana yang Anda konsumsi, seperti yang ditemukan dalam permen, minuman, makanan manis, dan makanan olahan.

  • Protein

Pilihlah protein yang berasal dari tumbuhan atau tanpa lemak. Protein tersedia dalam ayam, kalkun, kacang-kacangan, dan lentil.

  • Lemak baik

Rencana makan Anda harus menyertakan lemak sehat. Biji chia, biji rami, salmon, dan sarden adalah beberapa contoh makanan yang mengandung lemak baik atau lemak tak jenuh.

4. Mengkonsumsi air yang tidak cukup

Pertahankan asupan cairan Anda. Dengan mengonsumsi lebih sedikit kalori, minum air putih dapat membantu Anda mengatur berat badan.

Air juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan, termasuk:

  • Membantu tubuh membuang limbah
  • Menjaga persendian tetap terlumasi dan lembut
  • Menghentikan dehidrasi
  • Mengontrol suhu tubuh.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan213
Editor's Pick1497
Terpopuler1452
Opini10
Serba Serbi619

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.