Senin , 24 Juni 2024
Editor's PickHeadlineRuang SiswaSerba SerbiTerpopuler

Keringatan Tanpa Batasan: 7 Olahraga Tradisional Unik untuk Kesehatan Badan

261515638 931006804515198 4314599277897518267 n 84f809aacc26805e68e207e50a170f3e

Madingmu.com – Hi guys, kali ini perbincangan kita akan membahas  tentang olahraga tradisional yang ditujukan sebagai alternatif bagi Anda yang bosan dengan gaya latihan modern. Pilihan olahraga dan permainan tradisional Indonesia yang bisa Anda mainkan di rumah, dengan atau tanpa lawan. Berikut ini adalah daftar permainan tradisional Indonesia beserta penjelasannya. Lumayan, Anda tidak perlu pergi ke gym, bukan?

1. Banyak negara Asia Tenggara lainnya yang menganggap sepak takraw sebagai olahraga asli mereka. Padahal, olahraga voli kaki ini berasal dari Indonesia.

Jika pencak silat adalah olahraga yang paling populer, maka olahraga tradisional Indonesia yang dikenal di luar negeri adalah sepak takraw. Banyak orang asing yang tertarik dengan olahraga ini karena cara bermainnya yang unik. Sebenarnya, sepak takraw mirip dengan bola voli, hanya saja bolanya terbuat dari rotan dan cara bermainnya menggunakan kaki. Anda bisa membeli bola takraw dan melemparkannya ke dinding halaman jika tidak ada lawan. Olahraga ini bisa menguatkan kaki, melatih kelincahan, kemampuan melompat, dan konsentrasi.

2. Meskipun terdengar sederhana, lompat tali dapat menggantikan squat jump. Anda bahkan dapat berlatih melompat lebih tinggi dengan berlatih.

Sebenarnya lompat tali bukanlah murni sebuah olahraga melainkan permainan, lompat tali dapat dilakukan sendiri maupun berkelompok. Umumnya, tali yang digunakan dalam permainan tradisional ini terbuat dari karet gelang yang saling dikaitkan. Anda bisa berlatih dengan mudah di rumah. Cukup ikatkan tali pada pohon atau tiang, lalu Anda bisa melakukan lompatan-lompatan hingga berkeringat. Anda juga bisa menggunakan karet gelang ini untuk bermain lompat tali. Permainan sederhana ini dapat memperkuat otot kaki dan melatih lompatan Anda.

3. Egrang adalah olahraga yang membutuhkan keseimbangan dan kesabaran saat berdiri dan berjalan dengan dua batang bambu.  

Hingga saat ini, masih banyak kontroversi mengenai asal usul olahraga egrang. Ada yang mengatakan erang adalah olahraga tradisional Sunda, ada juga yang mengatakan berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Terlepas dari perdebatan tersebut, egrang merupakan olahraga yang cocok bagi Anda yang ingin melatih keseimbangan. Kita harus berdiri di atas dua batang bambu dan berjalan dengan mantap, bahkan dengan cepat jika harus berlomba. Biasanya, egrang menjadi salah satu cabang perlombaan saat memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia.

4. Olahraga lompat batu adalah parkour tradisional Indonesia. Olahraga ini berasal dari Nias dan biasanya dilakukan oleh para pemuda yang sudah dewasa dan siap menikah.

Olahraga tradisional Indonesia yaitu lompat tendangan. Olahraga ini berasal dari Nias dan merupakan atraksi wisata yang populer di sana. Biasanya olahraga ini dilakukan oleh para pemuda Nias yang sudah beranjak dewasa dan akan menikah. Tentu saja, Anda bisa meniru lompatan ini di rumah dengan mengganti rintangan batu dengan benda-benda lain. Lompat kangkang dapat melatih fisik, kekuatan, lompatan dan keberanian.

 5. Jempringan adalah olahraga tradisional mirip panahan yang berasal dari Yogyakarta dan Solo. Jemparingan dapat membantu melatih kekuatan tangan, pernapasan, dan konsentrasi Anda.

Olahraga tradisional yang berasal dari Yogyakarta dan Solo ini bernama jemparingan atau panahan. Tidak seperti panahan modern, jemparingan menggunakan alat yang sederhana dalam permainannya dan cara bermainnya juga cukup unik. Anda harus menembak target yang berjarak 30 meter dengan posisi bersila.

Anda juga bisa berlatih jempringan di rumah. Namun Anda harus memiliki peralatan dan sasaran untuk bisa bermain di lapangan. Jemparingan dapat membantu Anda melatih kekuatan tangan, konsentrasi, dan pernapasan.

 6. Pencak silat adalah salah satu olahraga paling terkenal di Indonesia. Olahraga ini secara resmi telah menjadi cabang olahraga Sea Games dan Asian Games  

Pencak silat telah menjadi salah satu olahraga tradisional Indonesia yang paling populer di dunia. Hal ini terkait dengan diresmikannya pencak silat sebagai cabang olahraga di Sea Games dan Asian Games. Sulit untuk mengidentifikasi olahraga tradisional Indonesia dan asal-usulnya karena pencak silat ditemukan di sebagian besar daerah.

7. Selain silat, Indonesia juga memiliki olahraga dan seni bela diri unik yang disebut tarung derajat. Bagi mereka yang menyukai kick boxing, mungkin disarankan untuk berlatih bela diri di rumah.

Masih dalam topik seni bela diri, Anda juga bisa berlatih gaya latihan tarung modern. Olahraga ini diciptakan oleh Aa Boxer alias Ahmad Drajat pada tahun 1960-an di kota Bandung. Tarung derajat dikenal sebagai olahraga yang cukup berisiko karena memberikan latihan fisik yang ekstrem dan cocok bagi mereka yang ingin meningkatkan kekuatan fisik melalui pukulan. Anda dapat menggunakan samsak untuk mendukung latihan Anda.

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.