Jumat , 24 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Inilah 5 Teknik Pergerakan Kamera Yang Membuat Videomu Lebih Baik

camera movement

Madingmu.com – Setiap pergerakan kamera akan menghasilkan gambar yang berbeda, apabila seorang kameramen mengikuti teknik yang dikuasai yaitu teknik pergerakan kamera. Oleh karena itu, maka dibedakan menjadi berbagai istilah-istilah sebagai berikut.

  1. Panning

Panning, merupakan pergerakan kamera secara horizontal. Teknik ini memiliki dua jenis gerakan diantaranya Pan Right yaitu teknik pergerakan kamera, dan Pan Left yaitu teknik pergerakan kamera dari kanan ke kiri.

  1. Tilting

Tilting, merupakan teknik pengambilan gambar yang menggunakan cara dengan menggerakan kamera mengikuti arah objek secara vertikal. Tidak hanya untuk merekam objek manusia saja, namun benda-benda lain atau apapun dapat dilakukan dengan teknik ini untuk mendramatisir suasana, agar penonton dibuat penasaran. Terdapat dua macam teknik tilting diantaranya Tilt Up yang merupakan teknik melakukan pergerakan kamera dari bawah ke atas, sedangkan Tilt Down merupakan teknik pergerakan kamera dari atas ke bawah.

  1. Tracking

Tracking, yaitu teknik pengambilan gambar yang dimulai dengan cara menggerakan kamera mendekati ke arah objek. Apabila arah pergerakan kamera ke depan menuju objek disebut track-in dan sebaliknya jika arah pergerakan kamera ke belakang meninggalkan objek disebut track-out. Pergerakan kamera bisa menuju objek bidikan atau melewati di sampingnya. Teknik ini biasanya dilakukan untuk benda-benda bernyawa seperti manusia atau binatang, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk benda-benda lainnya, tergantung kebutuhan.

  1. Following Shoot

Teknik pengambilan gambar ini biasanya dapat dilakukan dengan cara kamera mengikuti kemana objek bergerak. Perekaman dapat dilakukan dari belakang, dari samping kiri atau kanan maupun dari depan objek itu sendiri.

  1. Zooming

Teknik pengambilan gambar menggunakan cara memutar zoom ke kiri dan ke kanan pada lensa kamera ke arah objek berada . Apabila arah pemutarannya ke kanan berarti mendekatkan obek pada kamera disebut zoom-in dan sebaliknya, jika arah pemutarannya ke kiri berarti menjauh dari objek disebut zoom-out. Teknik ini biasanya dipakai untuk adegan-adegan yang menimbulkan ketegangan pada aktor yang bermain, sehingga menimbulkan kekaburan gambar dari salah satu lawan bicaranya.

Beriku beberapa hal yang harus diperhatikan dalam teknik pengambilan gambar

– Setiap gerak harus memiliki makna yang mendukung kelebihan produk atau karakter.

– kejelian kamera menampilkan bagian utama dan kelebihan produk atau cara kerja.

– Urutan terjaga kontinuitasnya.

– Apabila tidak menggunakan tripod atau penyangga kamera, hindari penggunaan zoom-in. Sebaiknya kamerawan mendekati objek sebagai pengganti zoom-in.

– Guna memfokuskan objek (mengarahkan kamera pada satu titik objek tertentu) lakukan zoom in, pastikan objek sudah fokus kemudian zoom out sampai pada posisi kedudukan semula. Selain itu, lakukan perekaman gambar.

Itulah 5 teknik pergerakan kamera paling dasar yang dapat kamu aplikasikanpada saat melakukan shooting video agar videomu lebih keren dan lebih memiliki konsep atau aturan yang jelas.

Follow Juga: Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan213
Editor's Pick1497
Terpopuler1452
Opini10
Serba Serbi619

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.