Jumat , 24 Mei 2024
HeadlineEditor's PickSerba SerbiTerpopuler

Udara Makin Buruk, Jokowi Minta Kampus Buat Jurusan Khusus Polusi

joko widodo
sumber:google/sekretariatkabinet

Madingmu.com – Perguruan tinggi didorong untuk membuat jurusan yang berkonsentrasi pada polusi dan perubahan iklim oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini terkait dengan masalah polusi dan perubahan iklim yang semakin parah.

Jokowi seperti dikutip dari CNN Indonesia pada Kamis, 31 Agustus 2023 mengatakan, “Ini yang harusnya berkaitan dengan ini, perguruan tinggi juga harus berani menyambut, membuat jurusan-jurusan, fakultas-fakultas yang berkaitan dengan ini, Pak Rektor.”

Jokowi ingin agar institusi pendidikan dapat menyesuaikan diri dengan tuntutan tersebut. Ia ingin agar para mahasiswa mempelajari topik-topik seperti pengelolaan sampah, teknologi pembuatan baterai, pasar karbon, kewirausahaan yang berkaitan dengan perubahan iklim, dan perdagangan karbon.

Jokowi juga mempercayakan kepada para siswa untuk mengajarkan mereka tentang polusi dan perubahan iklim. Ia menyatakan bahwa para siswa dipersilakan untuk berpartisipasi.

Diskusikan tentang pengurangan polusi, pengelolaan sampah, terutama sampah plastik, dan pelestarian hutan dan air. Saat ini, polusi telah berkembang menjadi masalah yang signifikan, katanya.

Baca Juga : Bukan PLTU Ini Penyebab Utama Polusi Udara Jakarta!

Situasi Polusi di Indonesia

Masyarakat Indonesia baru-baru ini dikejutkan oleh kualitas udara Jakarta yang memburuk. Jakarta memiliki kualitas udara terburuk keempat di dunia pada 31 Agustus pukul 17:30 WIB, menurut Air Quality Index (AQI). Untuk kelompok sensitif, level indeks 149 ini tidak baik.

Mengutip situs resmi Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Republik Indonesia, beberapa inisiatif untuk mengurangi polusi udara telah dipaparkan oleh Jokowi di Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

“Semua pihak harus bekerja sama untuk melakukan hal ini, ini membutuhkan upaya terbaik kita semua. Penanaman pohon sebanyak-banyaknya di kantor-kantor dan di halaman kantor yang tidak ada pohonnya merupakan kewajiban dan keharusan seiring dengan peralihan dari kendaraan pribadi ke transportasi umum dan transportasi massal,” tambah Presiden.

Jokowi menambahkan bahwa pemerintah telah melakukan berbagai inisiatif untuk memerangi masalah polusi, seperti menggunakan teknik modifikasi cuaca (TMC) dan menganjurkan penerapan Work From Home (WFH).

“Kemudian, pengawasan terhadap industri pembangkit listrik, semuanya juga saat ini sedang dilakukan, hingga sepeda motor, mobil semuanya dicek emisinya,” lanjutnya.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan213
Editor's Pick1497
Terpopuler1452
Opini10
Serba Serbi619

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.