Rabu , 19 Juni 2024
Kilas PendidikanEditor's PickHeadlineTerpopuler

Peluang Menarik: 8 Sekolah Kedinasan Pilihan untuk Siswa Gap Year Tahun 2024

sekolah kedinasan 1024x768 1
Sumber: google/Maukuliah.id

Madingmu.com – Siswa lulusan SMA atau SMK sederajat yang memutuskan gap year tahun ini dapat mendaftar sekolah kedinasan tahun 2024 sebagai alternatif untuk pendidikan lebih tinggi. Jika diterima, keuntungannya adalah kuliah gratis dan peluang menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Beberapa institusi seperti Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN) memungkinkan siswa gap year mendaftar dengan persyaratan tertentu. Selain PKN STAN, banyak sekolah kedinasan lain juga membuka seleksi bagi siswa gap year. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan dalam artikel ini.

Baca juga: 7 Pilihan Sekolah di Jawa Tengah untuk Lulusan SMA

Berikut adalah delapan sekolah kedinasan yang dapat diikuti oleh siswa gap year:

  1. Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG): Dapat diikuti oleh siswa SMA atau SMK dari semua jurusan, dengan batas usia antara 15-23 tahun pada 1 September 2023.
  2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN): Dibuka untuk siswa SMA, MA, dan lulusan Paket C tiga tahun terakhir. Batas usia dan persyaratan nilai rata-rata ijazah berlaku.
  3. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN): Dapat diikuti oleh lulusan SMA/SMK/MA tahun 2021 dan 2022 dengan nilai rata-rata ijazah minimal 80. Siswa Paket C tidak dapat mendaftar.
  4. Sekolah Kedinasan Kementerian Perhubungan (Kemenhub):Memiliki 22 sekolah kedinasan. Persyaratan usia dan nilai rata-rata ijazah berbeda untuk lulusan tahun 2021, 2022, 2023, dan sebelumnya.
  5. Politeknik STIS: Rentang usia pendaftar minimal 16 tahun dan maksimal 22 tahun per 1 September 2023. Jika lulus tahun ini sebelum usia 22 tahun, masih bisa mendaftar tahun 2024.
  6. Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN): Menerima siswa gap year. Lulusan tahun 2021 dan 2022 dengan rata-rata nilai ujian minimal 70,00 dapat mendaftar.
  7. Sekolah Kedinasan Kemenkumham: Memiliki Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim). Batas usia minimal 17 tahun dan maksimal 23 tahun pada 1 April tahun berjalan.
  8. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN): Dapat diikuti oleh siswa lulusan SMA sederajat, dengan usia minimal 17 tahun dan maksimal 21 tahun pada 31 Desember tahun berjalan.

Demikianlah delapan sekolah kedinasan yang dapat menjadi pilihan bagi siswa gap year untuk mendaftar tahun 2024. Tetap periksa informasi terbaru di laman resmi masing-masing sekolah kedinasan.

Dapatkan notifikasi berita terkini setiap hari dan update berita pilihan dari Madingmu.com.

Follow Juga : Instagram madingmu

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.