Kamis , 23 Mei 2024
HeadlineSerba Serbi

Tak Hanya Air Termurni di Dunia, Hadis ‘Air Zamzam Mengenyangkan’ Memang Terbukti Secara Ilmiah

ZAM ZAM
Keutamaan Air Zam-Zam bila dikonsumsi dengan benar dan sesuai syariat Islam (Al-Faritsi)

madingmu.com – Umat Muslim percaya bahwa air Zamzam memiliki keistimewaan dan khasiat unik yang tidak dimiliki oleh air lainnya. Berbagai penelitian telah dilakukan untuk membuktikan hal ini, sehingga tidak mengherankan jika banyak ilmuwan dan peneliti yang tertarik untuk mempelajarinya.
Peneliti asal Jepang, Masaru Emoto misalnya, dalam penelitiannya yang berjudul ‘The True Power of Water’, Emoto mengungkapkan bahwa air zamzam memiliki molekul yang teratur dalam bentuk kristal-kristal indah yang berkilauan dan teratur. Emoto menyatakan bahwa selama meneliti molekul, hanya molekul air Zamzam yang teratur.

Penelitian lain juga mengatakan bahwa air Zamzam tidak mengandung satu pun bakteri. Air Zamzam dianggap sebagai air yang sangat bersih dan suci. Selain itu, air zamzam mengandung berbagai mineral yang bermanfaat bagi tubuh.

Namun, jauh sebelum penelitian-penelitian tersebut, Nabi Muhammad SAW telah menjelaskan keistimewaan dan khasiat air zamzam. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, Nabi Muhammad SAW bersabda: Air Zamzam adalah air terbaik di muka bumi. Air ini dapat menjadi makanan yang mengenyangkan dan obat yang menyembuhkan penyakit.

“Air zamzam dikenal memiliki rasa yang unik dan kaya akan mineral, seperti kalsium, magnesium, dan zat besi. Selain itu, air zamzam juga memiliki pH yang rendah, sekitar 7,5 hingga 7,9, yang menandakan sifatnya yang basa,” ujar peneliti hidrogeologi dari ITB Dasapta Erwin Irawan dalam acara live streaming Eureka! Keajaiban Air Zamzam, Selasa (27/6).

Air zamzam mengandung kalsium yang sangat penting untuk gigi dan tulang; bikarbonat untuk membantu pencernaan, magnesium yang dapat menjaga kesehatan tubuh
kalium yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan  dan natrium untuk menjaga metabolisme tubuh.

“Air zamzam memiliki kandungan mineral tertentu yang membuatnya memiliki rasa yang khas dan berbeda dengan air mineral lainnya. Kandungan garamnya (diwakili oleh nilai TDS yang lebih dari 1000 ppm) membuat rasanya berbeda, tidak sama dengan air tawar yang biasa kita minum,” kata Erwin.

“Kandungan mineral logamnya juga banyak, jumlahnya tidak nol. Ini juga yang menyebabkan dalam hadits disebutkan bahwa air zamzam itu mengenyangkan karena memang ada kandungannya, ada mineralnya,” tambahnya.

Erwin menjelaskan bahwa mata air Zamzam secara geologis dikontrol oleh batuan yang mengandung retakan atau rekahan yang berasal dari 200 juta tahun yang lalu, dan lapisan aluvial Wadi Ibrahim, yang memiliki permeabilitas tinggi, yang berarti mudah mengalirkan atau menyerap air.

Banyak komponen yang membentuk mata air, mempengaruhi debit air, dan berdampak pada kualitas air. Dia menyebutkan bahwa semua komponen berperan dalam sistem hidrogeologi air Zamzam. Sistem ini sangat kompleks dan melibatkan banyak faktor, seperti luas daerah tangkapan air, jenis akuifer, dan sebagainya.

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan212
Editor's Pick1492
Terpopuler1447
Opini10
Serba Serbi618

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.