Selasa , 5 Maret 2024
BeasiswaEditor's PickHeadlineTerpopuler

Ini Dia 2 Jenis Program Beasiswa yang Disediakan Institut Teknologi Bandung, Camaba Wajib Tahu!

kampus itb

Madingmu.com – Biaya pendidikan tingkat tinggi atau kuliah memang menjadi suatu hal yang harus dipersiapkan dan dipertimbangkan dengan matang. Akan tetapi kini berbagai kampus di Indonesia sudah memiliki langkah untuk memudahkan akses pendidikan yang berkualitas.

Seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), yang menyediakan berbagai program beasiswa bagi mahasiswanya. Beasiswa ini juga bisa berupa beasiswa ekonomi maupun prestasi.

Dengan demikian, mahasiswa pun bisa berkuliah dengan fokus dan berprestasi selama keberlangsungan pendidikan yang ditempuhnya. Pemberian beasiswa bisa berupa biaya pendidikan, biaya hidup, bantuan tugas akhir, hingga barang yang dapat menunjang kegiatan perkuliahan.

Dilansir dari laman resminya, Minggu (3/12/2023) Berikut 2 beasiswa yang di sediakan ITB dan perlu diketahui calon mahasiswa baru.

Beasiswa Pemerintah

Beasiswa pemerintah adalah beasiswa yang disediakan oleh pemerintah, baik pusat maupun daerah. Berdasarkan data, di tahun 2023 terdapat 12 mitra pemberi beasiswa pemerintah di ITB.

Sedangkan jumlah total penerima manfaat beasiswa pemerintah di tahun 2023 adalah 5.464 orang. Salah satu beasiswa pemerintah yang paling terkenal adalah KIP Kuliah.

Beasiswa Non-Pemerintah

Beasiswa non-pemerintah atas swasta berasal dari organisasi swasta, lembaga, atau perusahaan yang mempunyai perhatian dan komitmen di bidang pendidikan. Setidaknya ada 66 mitra pemberi beasiswa non pemerintah dengan 2.143 mahasiswa penerima di tahun 2023.

Selain bantuan pendidikan, terdapat juga dukungan dari mitra non-pemerintah berupa penyediaan alat berupa laptop untuk menunjang perkuliahan mahasiswa.

Dengan adanya berbagai program beasiswa ini, mahasiswa didorong untuk lebih mengasah kemampuan dan pengetahuannya. Langkah ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa di bidang tertentu.

Karena di berbagai program beasiswa, mahasiswa kerap didorong untuk terlibat aktif dalam proyek penelitian. Sehingga kemampuan analitis, berpikir kritis hingga pemecahan masalah bisa terus diasah sebagai fondasi yang kuat bagi kehidupan dan kesuksesan mereka di masa depan.

Untuk melihat informasi yang ada di ITB, kamu bisa mengunjungi laman https://www.itb.ac.id/beasiswa. Semoga bermanfaat!

Follow Juga : Instagram madingmu 

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan212
Literasi Keuangan34
Ruang Siswa139
Beasiswa234
School lifehack134
Hiburan184
Editor's Pick1149
Terpopuler1108
Opini10
Serba Serbi473

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.