Selasa , 23 April 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Simak! Ini Tips Membersihkan Pakaian dari Noda Cat, Makeup hingga Tinta

1 81

Madingmu.com – Saat berurusan dengan cat tak jarang pakaian kamu akan terkena cipratannya. Situasi tersebut tentu sangat menjengkelkan terlebih lagi jika pakaian tersebut adalah pakaian favorit kamu. Agar pakaian bisa digunakan kembali, kamu harus membersihkan noda cat di pakaian tersebut.

Noda cat tentu nya akan merusak tampilan pakaian kamu akan tetapi kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk membersihkan noda cat tersebut dari pakaian kamu lho! Dengan melakukan cara-cara berikut ini, pakaian kamu akan bersih dan kembali seperti baru.

Dilansir dari laman Real Simple, Rabu (1/11/2023), berikut ini beberapa cara membersihkan noda cat di pakaian.

  1. Hapus Cat Berlebihan Sesegera Mungkin

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menghilangkan sebanyak mungkin cat yang masih ada di pakaian. Lakukan hal ini sesegera mungkin sebelum noda cat melekat kuat pada pakaian. Jika cat tersebut masih basah, gunakan sendok ataupun pisau tumpul untuk mengangkat cat sebanyak mungkin. Apabila cat telah mengering, gunakan handuk untuk menghilangkan residu cat yang telah mengering pada permukaan pakaian.

  1. Bersihkan Noda Cat dan Bilas

Meskipun sudah diangkat, noda cat tentu nya masih akan tersisa di pakaian kamu. Maka dari itu kamu perlu untuk membersihkan noda cat yang tersisa sesuai dengan jenis cat yang digunakan.

Dilansir dari laman Good Housekeeping, Rabu (1/11/2023), berikut ini cara membersihkan noda cat berdasarkan jenisnya.

  • Cat Berbasis Air

Cat yang berbasis air termasuk jenis yang paling umum digunakan untuk mengecat interior rumah. Cat jenis ini relatif lebih mudah untuk dibersihkan dari pakaian. Cara membersihkannya adalah dengan membilas noda cat tersebut dengan air hangat, terutama jika cat masih baru. Kemudian campurkan larutan sabun pencuci piring dan air hangat. Setelah itu, gosok noda cat dengan larutan tersebut menggunakan spons. Yang terakhir, bilas dan cuci pakaian seperti biasa.

  • Cat Berbasis Minyak

Untuk cat yang berbasis minyak, cara membersihkannya adalah dengan kikis noda cat yang tersisa di pakaian. Kemudian bilas noda cat dengan air mengalir. Untuk menghilangkan noda cat, setelah itu gunakan pelarut cat (paint thinner) dan spons dari belakang pakaian. Kemudian oleskan sabun pencuci piring pada noda, lalu rendam pakaian semalaman. Terakhir, bilas dan cuci pakaian seperti biasa. Jika noda masih tertinggal setelah dicuci, bersihkan kembali dengan paint thinner, lalu cuci kembali pakaian sampai noda pada pakaian benar-benar bersih.

  • Cat Akrilik

Untuk cat yang berbasis akrilik, cara membersihkannya adalah bilas noda cat dengan air hangat. Kemudian campurkan larutan yang terbuat dari sabun pencuci piring dan air hangat, lalu gosok noda cat dengan larutan tersebut menggunakan spons. Ulangi langkah tersebut sampai noda pada pakaian benar-benar hilang. Setelah itu, bilas dan cuci pakaian seperti biasa.

  1. Solusi untuk Noda Lainnya

Selain noda cat, ada juga noda dari bahan rumah tangga lainnya yang bisa mengotori pakaian kamu.

Berikut ini adalah solusi untuk noda-noda umum lainnya.

  • Noda Tinta

Jika pakaian kamu terkena noda tinta pulpen, gunakan petroleum jelly untuk mencegah noda tinta nya menyebar. Kemudian, gunakan alkohol dan gosok menggunakan sikat gigi bersih untuk menghilangkan noda tersebut. Setelah itu, celupkan kapas dalam spiritus mineral dan tepuk-nepuk area yang bernoda. Biarkan mengering dan bilas dengan larutan sabun pencuci piring.

  • Noda Lipstik

Untuk noda lipstik, semprot area yang bernoda dengan hairspray dan biarkan selama 10 menit. Kemudian hapus residu dan noda dengan lap yang lembab.

  • Noda Makeup

Jika pakaianmu terkena noda dari produk makeup yang kamu gunakan, seperti foundation, cara membersihkannya ialah denganmengunakan kapas dan oleskan alkohol pada area yang bernoda, lalu tepuk dengan kapas hingga noda nya hilang.

Dengan mengikuti cara-cara di atas, kamu bisa mengatasi masalah noda cat dan noda-noda lainnya pada pakaian dengan sangat mudah. Jadi, jangan biarkan noda merusak pakaian kamu, lakukan tindakan pembersihan yang tepat dan kembalikan pakaian ke keadaan seperti baru. Ingatlah untuk selalu berhati-hati dan periksa petunjuk perawatan pakaian sebelum melakukan langkah-langkah pembersihan. Selamat mencoba!

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan38
Ruang Siswa153
Beasiswa278
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1363
Terpopuler1320
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.