Minggu , 19 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

7 Rekomendasi Herbal ala dr Zaidul Akbar untuk Redakan Kolesterol-Diabetes

6613ca72a10c5 saat lebaran wajah bisa glowing meski tidak pakai make up mahal kata dr zaidul akbar cukup makan 7 butir buah ini 1265 711

Madingmu.com – Apakah kamu tahu tentang dr Zaidul Akbar? Ia adalah dokter sekaligus praktisi pengobatan sesuai sunnah yang terkemuka di Indonesia. Melalui kajian dan akun media sosialnya, dr Zaidul Akbar sering sekali membagikan resep minuman herbal untuk mengatasi berbagai macam kondisi kesehatan.

Minuman herbal yang dibagikan oleh penggagas Jurus Sehat Rasulullah (JSR) itu terbuat dari rimpang dan rempah yang tumbuh subur di Tanah Air, seperti jahe, sereh, kunyit, dan kayu manis. Dengan begitu bahan-bahan yang digunakan pun mudah dicari.

Dilansir Healthline, rempah dan rimpang sendiri telah terbukti secara ilmiah punya banyak manfaat bagi kesehatan. Contoh jahe dan kunyit memiliki sifat antiinflamasi yang bisa meredakan nyeri. Juga kayu manis yang punya aktivitas antioksidan kuat untuk bantu melawan peradangan.

Dengan berbagai khasiatnya itu, resep minuman herbal ala dr Zaidul Akbar pun banyak diikuti sebagai cara alternatif mengatasi sejumlah masalah kesehatan dan menjaga kondisi tubuh.

Apa saja sih minuman herbal yang diresepkan dr Zaidul Akbar? Rimpang dan rempah apa yang digunakan?

Resep Minuman Herbal ala dr Zaidul Akbar untuk Atasi Berbagai Penyakit

dr Zaidul Akbar sebenarnya telah membagikan banyak sekali resep minuman herbal yang dapat diikuti. Berikut beberapa di antaranya, seperti dirangkum dari akun YouTube resminya dr Zaidul Akbar Official.

  1. Air Racikan Gamat

074323500 1504155116 5 Manfaat Teripang untuk Kesehatan Tubuh

Gamat atau teripang termasuk makhluk laut yang berkhasiat bagi kesehatan. Hewan ini memiliki vitamin, mineral, dan antioksidan penting yang bisa menjaga kesehatan jantung, organ hati, diabetes, hingga bantu mengembalikan asam lambung.

Gamat yang dapat dikonsumsi adalah yang sudah diolah menjadi bentuk jeli cairan. dr Zaidul Akbar merekomendasikan untuk konsumsi air racikan gamat ini sebanyak 2 kali sehari, pada pagi hari sebelum makan dan malam menjelang tidur

Siapkan: air hangat segelas, gamat cair 1 sdt, garam himalaya sejumput, dan madu 1 sdm. Masukkan seluruh bahan ke gelas air hangat lalu aduk rata dan bisa langsung diminum.

  1. Air Rendaman Kunyit

091229500 1577533087 osha key wCml4tvK Yg unsplash

Kunyit mengandung kurkumin punya antioksidan kuat. Senyawa ini dapat bantu melawan kerusakan oksidatif yang diyakini sebagai penyebab penuaan dini dan berbagai penyakit.

Rimpang ini dapat dibuat minuman herbal dengan cara merendamnya di dalam air selama beberapa jam seperti infused water. dr Zaidul Akbar mengatakan, racikan ini bisa bantu mengatasi gerd, kolesterol, asam urat, hingga mengurangi risiko kanker.

Untuk membuatnya, siapkan: 1 ruas kunyit dan air hangat segelas. Kupas kunyit dan potong-potong kecil. Masukkan ke dalam segelas air hangat dan biarkan kunyit terendam selama 6 jam. Setelahnya, air rendaman rimpang ini dapat diminum sehari sekali, baik sebelum atau sesudah makan.

  1. Air Cengkeh Jahe Kayu Manis

072184700 1685329660 shutterstock 2307534015

Merasa tidak nyaman dengan bau mulut sendiri? dr Zaidul Akbar membagikan resep minuman herbal untuk menghempaskan bau mulut sekaligus aroma badan tak sedap.

Siapkan: 300 ml air, 1 ruas jahe, 2 biji cengkeh, 1/2 batang kayu manis, dan madu (opsional). Pertama-tama, geprek jahe lalu masukkan ke dalam air bersama cengkeh dan kayu manis, lanjut rebus hingga mendidih. Setelahnya, bisa diminum setelah hangat.

  1. Air Jahe Jeruk Nipis

037024700 1687832505 shutterstock 215313430

Ketika musim batuk atau batuk melanda tiba-tiba, racikan jahe dan jeruk nipis bisa dicoba untuk bantu meredakannya. Jahe mengandung senyawa gingerol dan shogaol yang berkhasiat sebagai antibakteri, antivirus, antiinflamasi, dan antioksidan.

Dipadukan dengan jeruk nipis, jahe bisa meringankan batuk cukup efektif. Untuk membuat minuman ini, siapkan: 1 ruas jahe, sedikit air jeruk nipis, dan air segelas. Didihkan jahe dengan air segelas lalu tambahkan perasan jeruk nipis setelah agak hangat. Racikan ini dapat diminum pagi hari.

  1. Air Kayu Manis

63bbc8612a90c

Bagi yang kadar gula darahnya tinggi dan punya diabetes, resep air kayu manis ala dr Zaidul Akbar ini dapat dicoba. Kayu manis mengandung cinnamaldehyde. Senyawa ini memiliki sifat antioksidan kuat yang terbukti menurunkan kolesterol dan efektif menurunkan kadar gula darah.

Air kayu manis dapat dibuat dengan cukup merendam 2 batang kayu manis ke dalam 600 ml air panas. Rendam sampai warna airnya berubah dan agak dingin, lalu bisa diminum rutin sehari sekali.

  1. Air Serai Jahe

077098100 1663900891 jahe serai

Jahe lagi-lagi digunakan dalam racikan minuman satu ini. Kali ini rimpang itu dipadukan dengan serai. Kombinasi keduanya bisa meningkatkan kesehatan gigi dan mulut, menjaga kesehatan pencernaan, menurunkan kolesterol, hingga mengurangi risiko kanker.

Cara buat air serai jahe juga cukup simpel. Siapkan 1 ruas jahe dan 1 batang serai, kemudian bisa dipotong-potong kecil atau diparut. Campurkan kedua herba ke dalam segelas air panas dan minum jika sudah agak dingin.

  1. Minuman Rimpang

6149c1ca5c443

Rimpang yang digunakan untuk minuman satu ini yaitu jahe, kunyit, lengkuas, dan serai. Lengkuas dan serai di antaranya bisa bantu mencegah infeksi dan mengurangi peradangan.

Untuk membuat minuman ini, siapkan: 2 ruas jahe, 1 ruas kunyit, 1 cm lengkuas, ½ batang serai, air panas segelas, sedikit air jeruk nipis, dan madu (opsional). Semua rimpang diparut lalu rendam di segelas air panas. Setelah agak dingin, tambahkan air jeruk nipis dan madu. Racikan minuman ini dapat diminum sebelum tidur.

Itulah dia sederet minuman herbal ala dr Zaidul Akbar yang bisa mengatasi sejumlah penyakit dan kondisi kesehatan. Kamu tertarik coba racikan minuman yang mana, nih?

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan214
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa155
Beasiswa292
School lifehack152
Hiburan209
Editor's Pick1474
Terpopuler1429
Opini10
Serba Serbi612

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.