Senin , 24 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Mengenal Lebih Dalam Departemen Artistik, Dop, Dan Penulis Skenario

Nama Film

Madingmu.com – Pengenalan lebih dalam departemen artistik yang biasa kita kenal dengan penata seni, dop, dan penulis scenario yang sering kita dengar sebagai penulis naskah.

Departemen Artistik

  1. Production Designer

Merupakan kepala Departemen artistik yang bertugas merancangan visual suatu naskah sesuai dengan visi sutradara. Mulai dari pemilihan – pemilihan properti, warna cat rumah, warna baju atau banyak hal lainnya, yang tentunya bakal selalu kerja sama dengan DOP dan sutradara pada saat merancang warna – warna yang akan dipakai.

  1. Art Director

kerjaannya lebih berfokus pada urusan set dan props saja. Sesuai dengan yang sudah dirancang bersama production designer, tapi untuk di Indonesia biasanya production Designer dan art director digabung menjadi satu orang dan biasa disebut art director.

Baca Juga : Belajar Produksi Film : Pengenalan Tim Produksi Film

  1. Set Designer

Kemudian di departemen artistik ada set desainer yang tugasnya membantu art director untuk mewujudkan set atau lokasi syuting.

  1. Set Dresser

Lalu kerjanya memutuskan barang-barang apa saja yang bakal masuk di dalam gambar.

  1. Prop Master

Prop Master bertugas mendata, mencari dan mengelola props yang bakal dipakai untuk syuting. Props tersebut dibeli oleh orang yang disebut Runner atau Buyer.

  1. Hair & Makeup Artist

Hair & Makeup Artist bertugas untuk menata rambut dan make up pemain yang tentunya sesuai dengan kebutuhan karakter juga.

  1. Special Effects

Lalu kalau kita butuh efek khusus misalnya hujan akan diurus oleh temen-temen tim Special Effects.

Baca Juga : Rekomendasi Aplikasi Audio Recorder dan Editing untuk Konten Video atau Podcast

Dop ( Director Of Photography )

Tugas director of photography adalah menerjemahkan visi sutradara ke dalam gambar yang terdiri dari:

  • Framing
  • Pencahayaan
  • Pergerakan Kamera  dan banyak hal lainnya
  • DOP tidak cukup menguasai teknis kamera, tapi dia juga harus mengerti penceritaan agar bisa membuat konsep visualnya. Kemudian DOP dibantu oleh asisten kamera yang bertugas untuk membantu focusing gambar dan Maintenance alat.
  • Assistant Camera terdiri dari asisten kamera 1 (1st AC) kemudian ada asisten kamera 2 (2nd AC)
  • Camera Operator selanjutnya ada kamera operator yaitu orang yang mengoperasikan kamera. Akan tetapi di beberapa persutingan kamera operator adalah DOP itu sendiri.
  • Gaffer selanjutnya ada gaffer. Gaffer adalah orang yang harus bekerja sama dengan DOP untuk mendesain pencahayaan suatu scene dan mengimplementasikan nya di lapangan. Dalam proses syuting gaffer akan dibantu oleh Best Boy.
  • Grip kemudian ada grip yang bertanggung jawab untuk alat-alat non elektronik di departemen kamera dan yang terakhir

Penulis Skenario

Penulis naskah bertugas untuk membuat naskah yang nantinya akan menjadi panduan untuk departemen – departemen lainnya kerja. Oleh karena itu Kerjaan penulis naskah sangat berat karena dia yang bertugas untuk membuat pondasi sebuah film. Scripwriter, sebutan untuk orang yang mempunyai tugas sebagai penulis skenario.

Follow Juga : Instagram madingmu

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.