Kamis , 23 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Mager Seharian di Kasur Ternyata Buruk buat Kesehatan Mental loh, Ini Alternatifnya!

mager

Madingmu.com –  Di TikTok, ada tren populer yang dikenal sebagai “bed rotting” yang dipasarkan sebagai semacam perawatan diri. Namun, para psikolog percaya bahwa hal ini justru berdampak sebaliknya dan merugikan kesehatan mental.

Menurut Psychology Today, Kamis, 24 Agustus 2023, “Bed rotting”  adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan orang-orang yang lebih suka leyeh-leyeh di tempat tidur sepanjang hari dan menghabiskan waktu berjam-jam untuk menonton TV, makan makanan ringan, dan menggunakan ponsel mereka untuk melarikan diri dari tuntutan dunia luar.

Laporan yang sama mengutip psikoterapis Amy Morin yang mengatakan bahwa kecenderungan mager di tempat tidur sebenarnya buruk bagi kesehatan mental. Faktanya, menghabiskan sepanjang hari di tempat tidur hanya akan memperburuk masalah kesehatan mental Anda dan bahkan dapat menyebabkan masalah baru.

Mengapa berbaring di tempat tidur sepanjang hari tidak baik untuk kesehatan mental Anda

Bahkan membaca majalah di tempat tidur dalam waktu singkat dapat bermanfaat bagi kesehatan mental. Namun jika Anda melakukannya selama berjam-jam, kesehatan mental Anda pasti akan memburuk. terutama jika Anda memiliki riwayat masalah kesehatan mental.

Baca Juga : Senyum Sehat: 5 Keajaiban Tertawa untuk Kesehatan Fisik dan Mental Anda

Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat memperburuk kesehatan mental Anda jika Anda tetap berada di tempat tidur sepanjang hari:

1. Melakukan tugas di tempat tidur dapat mempengaruhi seberapa baik tidur Anda. Cobalah untuk membatasi penggunaan tempat tidur Anda hanya untuk tidur dan hindari menggunakannya untuk kegiatan lain seperti bekerja, makan, atau menonton TV. Karena jika kita melakukannya, kita akan menjadi terbiasa untuk tetap terjaga dan sulit untuk tertidur ketika berada di tempat tidur.

2. Ketidakaktifan dapat menyebabkan kecemasan dan penyakit depresi. Kemungkinan depresi dan kecemasan dapat berkembang dan menyebabkan kelelahan meningkat jika kita tidak aktif atau bergerak. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan aktivitas fisik dan interaksi sosial di luar waktu tidur daripada tidur saja.

3. Merenung di tempat tidur sendirian dapat memperburuk masalah kesehatan mental. Terlalu banyak berpikir dan merenung tentang situasi dapat menyebabkan masalah kesehatan mental seperti gangguan penggunaan zat, gangguan makan, keluhan somatik, gangguan stres pascatrauma, dan depresi.

4. Menghindari masalah dapat meningkatkan stres. Tindakan bersantai di tempat tidur dapat membantu meringankan masalah untuk sementara waktu. Namun, hal ini tidak akan benar-benar mengatasi masalah dan akan membuat segalanya menjadi lebih sulit.

5. Stres dapat disebabkan oleh waktu menganggur. Kita sering memilih untuk bermain ponsel saat berada di tempat tidur ketika sedang tidak produktif. Stres bisa muncul akibat hal ini.

Lalu, apa alternatifnya?

  • Berdiam diri di tempat tidur sepanjang hari bukanlah cara yang paling  menyenangkan untuk menghabiskan waktu. Berikut ini adalah beberapa alternatif dari psikolog Amy Morin:
  • Kurangi penggunaan perangkat digital. Untuk menjaga kesehatan mental, mulailah menonaktifkan notifikasi dan menjauhkan diri dari teknologi untuk sementara waktu. Cobalah melakukan aktivitas baru yang menyenangkan tanpa ponsel.
  • Luangkan waktu di luar. Untuk melepaskan diri dari tekanan akibat kesulitan, cobalah berjalan-jalan di area hijau atau alam. Nikmati pemandangan dengan mendaki gunung atau piknik.
  • Otak Anda bisa rileks dengan membaca buku untuk melepaskan diri dari kesulitan. Menurut penelitian, membaca juga dapat mengurangi stres secara signifikan.
  • Yoga bermanfaat bagi tubuh dan jiwa. Di fasilitas pelatihan, seseorang dapat melakukan yoga secara langsung.
  • Berjalan menyebabkan tubuh berolahraga dan melepaskan endorfin untuk meningkatkan suasana hati atau meningkatkan relaksasi. Jalan-jalan ini dapat dilakukan di area seperti taman atau lingkungan yang menyegarkan mental.
  • Tubuh dapat merasa berenergi setelah menghabiskan waktu dengan orang yang dicintai. Ciptakan lingkungan yang hangat dan lakukan interaksi sosial untuk merevitalisasi diri Anda.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan212
Editor's Pick1493
Terpopuler1448
Opini10
Serba Serbi618

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.