Jumat , 19 Juli 2024
Editor's PickHeadlineHiburanTerpopuler

Menarik Untuk Di Kunjungi, 5 Negara Ini Hidup Tanpa Matahari

7 negara tanpa malam yang dapat kamu ketahui midnight sun24

Madingmu.com – Pada bagian bumi di beberapa negara mengalami malam dengan jangka waktu yang lama. Kota di negara-negara yang kerap disebut “tanpa matahari” ini mengalami fenomena yang disebut dengan polar night. Fenomena tersebut terjadi ketika suatu tempat yang berada dekat kutub utara atau selatan mengalami malam lebih dari 24 jam. Polar night biasa terjadi pada musim dingin.

Meski tidak ada matahari, namun di negara-negara tersebut juga terjadi fenomena langit yang menakjubkan dan menarik banyak wisatawan seluruh dunia, seperti lanskap aurora yang memanjakan mata. Berikut ini informasinya.

  1. Svalbard, Norwegia

svalbard

Svalbard terletak di Norwegia. Kepulauan Svalbard berada paling utara dari bagian negara tersebut. Musim dingin terjadi pada akhir Oktober hingga pertengahan Februari. Di pulau ini juga mengalami fenomena polar night yang terjadi pada November hingga Januari. Salju akan menyelimuti seluruh pulau dalam gelap gulita.

Bahkan fenomena aurora bisa dilihat di tengah hari. Selain fenomena aurora yang menarik, jika berlibur ke Svalbard saat musim dingin, kamu bisa menikmati kuliner hingga pertunjukan budaya lainnya.

  1. Barrow, Alaska, Amerika Serikat

Barrow

Barrow merupakan salah satu kota yang paling dekat dengan kutub utara. Kegelapan menyelimuti kawasan Barrow (kini Utqiagvik) di Alaska sepanjang musim dingin, yaitu pada akhir November hingga akhir Januari.

Alaska menjadi salah satu tempat terbaik di dunia untuk melihat aurora borealis. Dilansir dari Travel Alaska, waktu terbaik untuk melihat aurora yaitu antara pertengahan April dan pertengahan Agustus. Meski cahaya utara bisa terlihat di seluruh kota, namun Utqiagvik menjadi tempat paling baik untuk menikmati fenomena langit di Alaska karena berada di paling utara.

  1. Lapland, Finlandia

wilderness hotel inari

Lapland merupakan kota paling utara di Finlandia. Peristiwa polar night mulai terjadi pada bulan November hingga Februari. Masyarakat Finlandia kerap menyebut “blue moment” ketika menyaksikan hujan salju mulai turun menyelimuti seluruh kawasan dan membuatnya terlihat sinematik.

  1. Nuuk, Greenland

nuuk in the capital region in greenland

Nuuk merupakan ibu kota Greenland yang juga mengalami polar night yang berlangsung selama bulan Desember hingga Januari. Dilansir dari Indian Express, pada saat musim dingin panjang, orang-orang akan tetap beraktivitas dan jika kamu berkunjung ke Greenland, kamu akan menyaksikan tarian Aurora Borealis di atas hamparan salju.

  1. Murmansk, Russia

murmansk

Kota Murmansk di Rusia mengalami polar night selama 40 hari saat musim dingin berlangsung. Selama terjadi polar night, masyarakat di Rusia masih tetap dengan aktivitas seperti biasa. Matahari masih sedikit terlihat meski waktunya pendek. Masyarakat bahkan tetap aktif menjalankan festival dan banyak acara untuk merayakan suasana malam gelap gulita di kutub.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.