Jumat , 24 Mei 2024
Serba SerbiEditor's PickHeadlineTerpopuler

Legenda Ikan Mas dan Letusan Dahsyat: Sejarah Dramatis Danau Toba

tobaa
Sumber: Google/Detik.com

Madingmu.com – Pada 31 Agustus 2023, Google Doodle Indonesia menampilkan gambar panorama Danau Toba dengan keterangan “Celebrating Lake Toba“, merayakan penetapan situs ini sebagai UNESCO Global Geopark pada 31 Agustus 2020. Danau Toba adalah danau alami terbesar di Indonesia, terletak di Sumatra Utara, memiliki dimensi panjang 100 km, lebar 30 km, dan kedalaman hingga 508 meter. Selain memiliki pemandangan menakjubkan sebagai tujuan wisata, asal-usul Danau Toba terkait dengan legenda ikan mas dan petani marah, serta letusan dahsyat ribuan tahun lalu yang hampir menghancurkan manusia.

Sejarah Danau Toba

74.000 tahun yang lalu, letusan besar terjadi di Danau Toba. Letusan besar gunung berapi di dekatnya menciptakan kaldera yang menaungi Danau Toba. Kaldera adalah kawah yang cukup besar yang terbentuk ketika puncak gunung berapi meletus atau runtuh. Toba Mengubah Dunia (2019), letusan gunung berapi Toba terjadi pada 74.000 tahun yang lalu. Sebuah kaldera yang cukup besar terbentuk akibat letusan eksplosif tersebut, dan Danau Toba, yang sejak saat itu terisi air, sekarang dikenal sebagai. Salah satu ledakan gunung berapi terbesar yang pernah terjadi di Bumi menciptakan Danau Toba. Gunung berapi Sumatra meletus dengan kekuatan penuh, memuntahkan hampir 2.800 kilometer kubik abu.  Puluhan ribu tahun yang lalu, letusan besar tidak hanya menyebabkan guncangan yang luar biasa, tetapi juga hampir memusnahkan umat manusia. Hanya 5.000 hingga 10.000 orang yang diperkirakan selamat dari letusan gunung berapi yang menciptakan kawah besar tersebut.

Baca juga: Fakta dan Sejarah Muntok, Salah Satu Lokasi Pengasingan Bung Karno

Legenda Danau Toba

Berhubungan dengan kisah Toba dan seekor ikan mas. Seorang pemuda yatim piatu bernama Toba menangkap ikan mas cantik dan memeliharanya. Ikan tersebut berubah menjadi perempuan cantik yang dinikahi oleh Toba dengan syarat merahasiakan asal-usulnya. Mereka memiliki anak bernama Samosir. Suatu hari, Samosir lupa mengantar makanan pada Toba, yang akhirnya kelaparan menunggu. Ketika Samosir tidak mengantar makanan, Toba marah dan tanpa sadar mengungkap identitas istri dan anaknya. Langit gelap dan hujan deras turun. Istri meminta anaknya berlari ke tempat tinggi. Ia menghilang dan air yang keluar dari jejak kakinya mengubah desa menjadi danau. Tempat di mana anaknya berlari, Pulau Samosir, menjadi tempat yang aman dari banjir.

 

Dapatkan notifikasi berita terkini setiap hari dan update berita pilihan dari Madingmu.com.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan213
Editor's Pick1497
Terpopuler1452
Opini10
Serba Serbi619

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.