Jumat , 24 Mei 2024
Editor's PickHeadlineKilas PendidikanSchool lifehack

Saat Daftar Kuliah, 7 Hal Penting Ini Harus Ada di CV Kamu

pasted image 0

Madingmu.com – Curriculum Vitae atau yang sering disebut CV merupakan sebuah dokumen yang berisikan informasi tentang diri kamu. Dokumen ini menjadi salah satu syarat yang harus dilampirkan saat melamar pekerjaan ataupun saat mendaftar beasiswa.

Oleh karena itu dibutuhkan ketelitian saat mengisi setiap bagian dalam CV dan memastikan bahwa formatnya sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan atau lembaga.

Pasalnya, CV juga menjadi gerbang utama untuk melihat siapakah diri kamu, apakah kamu memiliki kemampuan yang sesuai, hingga apakah kamu akan membuat kontribusi dengan kemampuan yang kamu miliki.

  1. Informasi Pribadi

Pada bagian ini tuliskan nama panjang kamu sesuai dengan akte kelahiran atau kartu identitas, jangan memakai nama samaran atau nama panggilan. Kemudian, kamu bisa menuliskan nomor telepon rumah, email, alamat rumah, link dari linkedin kamu, atau nomor handphone pribadi. Pastikan kamu menuliskan informasi pribadi dengan sangat teliti, jangan sampai kamu salah dalam menuliskan satu angka pun pada nomor telepon atau typo saat menulis alamat email.

  1. Latar Belakang Pendidikan

Jelaskan mengenai latar belakang pendidikan kamu, cukup tuliskan jenjang pendidikan yang terakhir. Misalnya, terakhir kamu mengenyam pendidikan SMA (Sekolah Menengah Atas) dan juga sebutkan kamu dari jurusan IPA atau IPS. Hal ini bertujuan agar dapat melihat apakah ada kecocokan antara latar belakang Pendidikan yang kamu miliki dengan tujuan studi yang kamu lamar pada beasiswa.

Karena CV memiliki space yang tsangat terbatas, usahakan untuk tulis dengan sangat ringkas dan buat per poin saja. Misalnya SMA Pelita, tahun berapa, kemudian jurusan apa, dan hal apa yang kamu peroleh selama bersekolah disana.

  1. Riwayat Organisasi

Jika kamu memiliki banyak pengalaman di dalam organisasi, maka kamu harus pilih satu atau dua saja yang relevan dengan lamaran beasiswa kamu. Misalnya, kamu menulis pernah menjadi anggota OSIS dan jangan lupa sebutkan skill apa saja yang telah kamu dapatkan dari organisasi tersebut. Kamu juga bisa menambahkan apa saja job desk kamu dalam organisasi tersebut seperti membuat perencanaan acara, menghitung dana, atau memimpin acara.

  1. Pengalaman Sukarela

Bagi kamu yang berjiwa sosial serta sering kali terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan relawan atau sukarela, kamu juga dapat menuliskannya di dalam CV kamu. Kamu dapat menulis apa nama kegiatan tersebut, tahun pelaksanaan, dan apa kontribusi kamu saat kegiatan tersebut berlangsung.

  1. Pengalaman Kerja Atau Magang

Sebutkan pengalaman kerja yang memberikan kamu banyak skill baru, dengan begitu kamu akan menjadi lebih unggul dibanding kandidat lainnya. Dengan memiliki pengalaman ini, pihak beasiswa dapat melihat bahwa kamu sudah pernah terjun langsung dalam dunia kerja yang sesungguhnya.

  1. Prestasi Atau Penghargaan

Bagian mengisi prestasi atau penghargaan dapat disesuaikan dengan diri kamu, apabila kamu tidak memiliki prestasi baik dalam akademik ataupu dalam non akademik maka kamu tidak perlu untuk menulis bagian ini. Apabila kamu memiliki prestasi atau penghargaan, kamu cukup mengambil prestasi yang paling menonjol saja. Misalnya kamu pernah menjadi juara 1 lomba menulis karya ilmiah 1 provinsi dan sebutkan tahun serta siapa penyelenggara lomba tersebut.

  1. Publikasi

Apabila kamu pernah membuat karya tulis dan sudah dipublikasikan, kamu juga dapat menuliskannya di CV. Bentuk karya tulis juga beragam seperti cerpen, jurnal, ataupun artikel. Misalnya, tuliskan judul karya dan tahunnya.

Itulah 7 bagian penting yang harus ada di dalam CV sebelum mendaftar beasiswa.

Tetap semangat saat mencari beasiswa!

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan213
Editor's Pick1497
Terpopuler1452
Opini10
Serba Serbi619

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.