Selasa , 23 April 2024
Editor's PickHeadlineKilas PendidikanTerpopuler

Kuliah di University of Bristol, Lulusan UNY Main Film Sains Fiksi di Inggris

Kuliah film

Madingmu.com – Alumnus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Athi’ Nur Auliati Rahmah lulus pada tahun 2022 tanpa mengajukan skripsi. Melalui program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) UNY, ia berhasil meraih gelar sarjana tanpa menulis skripsi.

Berkat kemenangannya dalam Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Medali Emas pada tahun 2021, mahasiswa Pendidikan Fisika angkatan 2018 ini memenuhi syarat untuk mengikuti RPL UNY. Prestasi tersebut kemudian diakui oleh pihak kampus sebagai RPL, sehingga Athi dapat meraih gelar sarjana tanpa harus menulis skripsi. Athi, panggilan akrabnya, mendaftar Beasiswa Indonesia Maju (BIM) setelah menerima gelar sarjana dari UNY.

Beasiswa ini diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Riset dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) kepada Beasiswa ini diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Riset bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) kepada mahasiswa yang berprestasi dalam kontes atau festival yang disponsori oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Riset melalui Puspresnas dan / atau yang diakui oleh kementerian.

Athi dapat melanjutkan studi S2 di luar negeri berkat beasiswa. Alumni prodi Pendidikan Fisika FMIPA UNY ini berhasil masuk ke program MSc in Nanoscience and Functional Nanomaterials di University of Bristol dengan sukses. University of Bristol merupakan salah satu kampus terbaik di dunia, dan merupakan salah satu dari lima universitas terbaik di Inggris dalam bidang penelitian. Universitas ini juga berada di peringkat 61 universitas terbaik di seluruh dunia.

Baca Juga : Langkah Menuju Kedokteran: UPI Buka Pendaftaran Prodi Kedokteran, Jangan Lewatkan Waktu Pendaftaran & Ujian Tulisnya!

Sejak lulus dari UNY dan mengikuti program master di bidang nanosains dan nanomaterial fungsional di University of Bristol, Inggris, Athi tidak pernah berhenti berkarya. Sci Film melalui acara dan festival sinematik yang mempromosikan aksesibilitas sains, SciFilm membantu para ilmuwan mengkomunikasikan kisah dan film mereka kepada khalayak umum. Mereka memberikan masyarakat umum sebuah platform untuk berinteraksi dengan sains dan film dengan cara yang segar.

Athi ikut serta dalam hackathon untuk film fiksi ilmiah yang disponsori oleh UKRI (United Kingdom Research and Innovation) Research England dan dijalankan oleh asosiasi Sci Film It. Universitas Bristol menjadi tuan rumah acara tersebut selama tiga hari.

Jika Anda tidak tahu, Sci Film It memulai petualangannya pada tahun 2016 dengan hackathon film sains pertama, yang menghasilkan 26 film. Sejak tahun 2022, ada beberapa acara yang berhasil menghubungkan dunia sains dan film. Kegiatan yang disponsori oleh Sci Film It telah diapresiasi dengan baik oleh publik, ilmuwan, dan seniman yang bersemangat tentang komunikasi ilmiah.

Nano QUEST adalah judul filmnya. Athi berkolaborasi dalam pembuatan film selama hackathon ini dengan ahli paleobiologi Jerman, komunikator sains Nigeria, sutradara asal Wales, dan band musik imersif yang berbasis di London. Film “Nano QUEST” mengajak penonton untuk merasakan pengalaman dunia nano dari sudut pandang yang segar dan mendebarkan dengan memadukan unsur sains, fiksi, dan petualangan. Sebagai seorang ilmuwan nano, penelitian Athi sering difokuskan pada perovskite, zat yang digunakan dalam sel surya untuk konversi energi.

“Saya merasa sangat beruntung dapat berkolaborasi dalam film ini dengan tim yang begitu brilian dan beragam. Dalam situs resmi UNY, Athi’ dikutip mengatakan, “Kami bertujuan untuk memadukan ilmu pengetahuan dan seni dengan cara yang menarik dan informatif. Pemutaran film “nanoQUEST” di Watershed Cinema Bristol berjalan dengan lancar. Sangat menarik untuk dicatat bahwa ratusan orang memuji dan menikmati film tersebut.

Fakta bahwa Athi mampu mendapatkan peran utama dalam film ini merupakan bukti lain dari karya-karya menakjubkan dan inspiratif yang dapat dihasilkan dari perpaduan antara ilmu pengetahuan dan seni. Kunjungi kanal YouTube resmi SciFilmIt untuk melihat penampilan Athi dan kreasi artistik lainnya jika Anda termasuk detikers yang tertarik untuk melihatnya.

 

Follow Juga : Instagram madingmu

https://www.detik.com/edu/edutainment/d-6878192/kuliah-di-university-of-bristol-lulusan-uny-main-film-sains-fiksi-di-inggris

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan38
Ruang Siswa153
Beasiswa278
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1363
Terpopuler1320
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.