Senin , 24 Juni 2024
Editor's PickHeadlineHiburanTerpopuler

6 Ciri Unik Individu BerIQ Tinggi yang Mungkin Kamu Miliki

20230904084310 fpdl.in idea smart kid student with lightbulb blackboard 221436 4371 large
Sumber: freepik/olegfedotov

Madingmu.com – Orang-orang dengan skor IQ tinggi seringkali memiliki kebiasaan-kebiasaan unik yang dihubungkan dengan kecerdasan mereka. Beberapa dari kebiasaan ini telah ditemukan oleh peneliti dari berbagai sumber. Beberapa di antaranya termasuk:

  1. Sering terlihat berantakan

Robert J. Sternberg, seorang profesor di Cornell, mendefinisikan kecerdasan sebagai kemampuan untuk belajar dari pengalaman, beradaptasi dengan keadaan baru, memahami dan mengelola ide-ide abstrak, dan menerapkan pengetahuan untuk memahami lingkungan sekitar. Menurut sebuah penelitian di University of Minnesota, orang yang berada dalam situasi kacau akan menghasilkan lebih banyak ide orisinal daripada mereka yang berada di lingkungan yang bersih.

  1. Secara teratur kritis terhadap diri sendiri

Para peneliti dari Cornell University menemukan dalam sebuah studi tahun 1999 bahwa orang yang tidak kompeten tidak dapat melihat ketidakmampuan mereka sendiri, yang mengarah pada penilaian diri sendiri yang berlebihan, berbeda dengan kepercayaan umum bahwa orang pintar pasti percaya diri. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang brilian tidak demikian. Menurut penelitian, mereka yang memiliki tingkat kompetensi yang tinggi sering kali meremehkan bakat mereka. Hal ini dikarenakan mereka sadar akan banyaknya informasi yang tersedia. Akibatnya, mereka sering mengkritik diri mereka sendiri daripada menjadi terlalu percaya diri.

  1. Menikmati Tugas-tugas yang Sulit

Selain itu, mereka yang ber-IQ tinggi mungkin merasa tidak puas dengan pencapaian mereka. Oleh karena itu, individu ber-IQ tinggi ingin menantang diri mereka sendiri dengan melakukan aktivitas yang lebih berat ketika banyak orang merasa puas dengan pencapaian mereka.

Baca juga: Mengenal Bakat 10 Tanda Anak Cerdas yang Terlihat Sejak Dini

  1. Sering tidur larut malam

Jam tidur yang lebih sedikit merupakan ciri khas mereka yang ber-IQ tinggi. Mereka lebih suka menggunakan waktu istirahat mereka secara produktif.

  1. Menikmati Berbicara dengan Dirinya Sendiri

Temuan menarik lainnya adalah bahwa orang jenius sering kali senang berbicara kepada diri mereka sendiri dengan suara keras dan secara tertulis. Perilaku ini secara tidak sengaja dapat meningkatkan ketajaman mental dan daya ingat. Oleh karena itu, mereka yang senang berbicara pada diri sendiri mungkin merupakan individu yang brilian dan bukannya gila.

  1. Lebih Suka Menyendiri

Mereka yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata biasanya menikmati waktu sendirian sebagai “me time”. Selain itu, mereka biasanya merasa tidak nyaman berada di tengah keramaian dan kerumunan. Hal ini diungkapkan oleh dua peneliti dalam sebuah penelitian berjudul “Jalan-jalan di pedesaan, bawa aku pulang… ke teman-temanku: How intelligence, population density, and friendship affect modern happiness,” yang dilakukan oleh Norman Li dari Singapore Management University dan Satoshi Kanazawa dari The London School of Economics and Political Science.

Dapatkan notifikasi berita terkini setiap hari dan update berita pilihan dari Madingmu.com.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.