Jumat , 19 Juli 2024
Kilas PendidikanEditor's PickHeadlineTerpopuler

Jadi Mahasiswa Baru? Ini 3 Hal yang Harus Dilakukan

mahasiswa baru
Sumber:google/stmiklikmi

Madingmu.com – Mahasiswa baru Tahun ajaran 2023-2024 telah dimulai. Jadwal perkuliahan telah dimulai kembali di banyak kampus. Tentu saja, mahasiswa baru (maba) harus menyesuaikan budaya perkuliahan dengan budaya yang mereka kenal di SMA.

Tentu saja, ada yang masih perlu menyesuaikan diri, tetapi ada juga yang sudah memutuskan kemana mereka ingin pergi, serta mengikuti kegiatan-kegiatan di luar kampus. Namun, masih banyak mahasiswa baru yang tidak yakin dengan rencana mereka setelah lulus kuliah. Oleh karena itu, mahasiswa baru membutuhkan saran yang tepat.

Apa yang harus dilakukan mahasiswa tahun pertama

1. Perencanaan harus ditentukan

Perencanaan tidak diragukan lagi adalah sesuatu yang dilakukan semua orang, termasuk mahasiswa tahun pertama yang tidak terbiasa dengan kehidupan kampus. Dengan demikian, Anda dapat memilih apakah akan berkonsentrasi pada akademis, kelompok, atau kompetisi saat kuliah.

Perencanaan diperlukan agar Anda tidak hanya mengikuti arus acara. Misalnya, Anda dapat bergabung dengan organisasi yang memiliki visi dan tujuan yang sama dengan Anda jika Anda ingin berkonsentrasi pada organisasi.Dimulai sebagai staf, Anda dapat naik jabatan menjadi panitia acara, divisi, atau kepala departemen.

Jika Anda lebih suka berkonsentrasi pada akademis, berikut adalah contoh lain. Pertimbangkan untuk meningkatkan indeks prestasi kumulatif Anda atau terjun ke dunia mengajar. membantu, dan berkolaborasi dalam proyek-proyek dengan profesor Anda.

Ketika Anda menjadi mahasiswa baru, Anda sudah bisa menentukan tujuan yang ingin Anda capai. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa Anda memiliki banyak rencana; misalnya, jika Anda ingin berkonsentrasi pada studi dan pekerjaan sukarela Anda.

Semuanya terserah Anda untuk memutuskan. Faktor yang paling penting adalah Anda harus berani menerima tanggung jawab atas pilihan yang telah diambil.

2. Hindari FOMO

Ketakutan akan Ketinggalan, juga dikenal sebagai FOMO, adalah rasa takut akan “tertinggal” oleh orang lain. Misalnya, jika teman Anda mendaftar ke organisasi A, Anda juga mendaftar ke organisasi A untuk menghindari ketinggalan. Murid baru memiliki kecenderungan untuk meniru teman-temannya.

Baca Juga: Mahasiswa Nggak Wajib Skripsi Lagi, Begini Standar Nasional Barunya

Untuk menghindari mengikuti teman, setiap siswa baru perlu mengembangkan tujuan mereka sendiri. Jangan biarkan diri Anda menjadi terlalu terbebani sehingga Anda mengabaikan studi Anda. karena kuliah adalah tujuan utama Anda.

3. Mencari koneksi

Anda harus bisa menambah relasi ketika Anda masuk kuliah, tidak hanya dari mahasiswa di kampus, tetapi juga dari orang-orang yang tinggal di luar kampus. Cobalah dengan menambah relasi dari dosen, teman sebaya, dan senior.

Relasi ini nantinya dapat membantu sobat selama di perguruan tinggi. Misalnya, mendapatkan rekomendasi dari senior dalam hal tugas, mendapatkan kesempatan magang atau pelatihan, atau mendapatkan tawaran proyek atau penelitian dengan profesor.

Ini adalah beberapa persyaratan untuk mahasiswa baru. Semua mahasiswa harus terus tumbuh menjadi generasi pemimpin masa depan untuk negara, terutama dengan adanya Kampus Merdeka.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.