Kamis , 23 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Sikap Religius: Mengulas Arti, Aspek, dan 5 Karakter Terkait Agama

sikap religius
Sumber: google/detikNews

Madingmu.com – Sikap religius adalah orang-orang yang sangat mengakar dalam keyakinan mereka biasanya. Religius adalah kata sifat dalam bahasa Inggris yang mengacu pada atau menunjukkan keyakinan agama.

Religius, menurut definisi KBBI, mengacu pada sesuatu yang berhubungan dengan dan bersifat keagamaan. Mari kita pelajari apa itu agama, apa artinya, dan apa yang membuatnya menjadi seperti itu.

Sikap Religius Definisinya: 

Menurut repositori IAIN Tulungagung, religius berarti memiliki sikap yang kuat dalam menerima dan menjalankan ajaran agama, serta menunjukkan ketaatan dalam menjalankan ajaran agama yang dianutnya. Bentuk paling awal dari kata “religius” adalah “agama”, yang berasal dari bahasa Inggris “religion”, yang berarti ” Jalaluddin mendefinisikan agama sebagai keyakinan bahwa alam semesta diciptakan dan dipelihara oleh suatu kekuatan super, seperti Tuhan. Keyakinan ini diekspresikan melalui tindakan pemujaan, cinta, atau iman kepada Tuhan. Sikap dan tindakan seseorang konsisten dengan keyakinan yang dianutnya.

Elemen Agama

  1. Keyakinan terhadap agama (sebuah komponen dari kepercayaan)

Keyakinan adalah fitur yang paling mendasar bagi pemeluk agama. Hal ini mencakup penerimaan ide-ide dogmatis dalam ajaran agamanya serta kepercayaan terhadap Tuhan dan segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia supranatural.

Baca juga:  Cara Mengatasi Krisis Moral Generasi Muda dengan Pendidikan Karakter – Madingmu

  1. Praktik Agama (Aspek Peribadatan)

Komponen peribadatan merupakan komponen keterikatan yang meliputi frekuensi dan intensitas dari berbagai kegiatan. Agama telah mempengaruhi perilaku ini melalui hukum-hukum dan praktik-praktiknya, termasuk bagaimana ibadah dilakukan.

  1. Emosi Keagamaan (Aspek Penghayatan)

Konsep penghayatan menggambarkan jenis emosi yang dialami dalam agama atau sejauh mana seseorang dapat meniru pengalaman tersebut dalam praktik keagamaannya. Misalnya kekhusyukan saat berdoa.

  1. Pemahaman Agama

Komponen pengetahuan berkaitan dengan seberapa jauh seseorang memahami prinsip-prinsip agamanya.

  1. Pengaruh Agama (Aspek Praktik)

Penerapan dari apa yang telah ia pahami dari ajaran agama yang dianutnya adalah aspek pengamalan. Pelajaran-pelajaran tersebut kemudian dipraktekkan melalui sikap dan tindakan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Kerendahan hati

Sikap rendah hati adalah sikap yang tidak angkuh, terbuka untuk mendengar sudut pandang orang lain, dan tidak memaksakan pandangannya sendiri.

Dapatkan notifikasi berita terkini setiap hari dan update berita pilihan dari Madingmu.com.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan212
Editor's Pick1493
Terpopuler1448
Opini10
Serba Serbi618

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.