Selasa , 23 April 2024
Serba SerbiEditor's PickHeadlineTerpopuler

2 Peyebab Berat Badan Turun Drastis Saat Makan Banyak?

Berat badan
Sumber: freepik/billionphotos

Madingmu.com –  Berat badan menurun secara tiba-tiba terutama jika Anda tidak mengikuti rencana diet. Karena alasan ini, penurunan berat badan yang tidak memiliki penjelasan yang jelas dapat berbahaya. Spesialis penyakit dalam Greg Jun di Rumah Sakit Northwestern Medicine McHenry mengklasifikasikan penurunan berat badan sebagai drastis jika turun 4 persen selama 6 hingga 12 bulan. Menurutnya, “Kami menganggap penurunan berat badan yang signifikan dan tidak disengaja sebagai penurunan berat badan sebesar 5 persen atau lebih besar selama enam hingga 12 bulan,” seperti dikutip dari Mens Health.

Tidak semua kasus penurunan berat badan signifikan. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa stres juga dapat menyebabkan penurunan berat badan. Namun, penurunan berat badan yang tidak disengaja mungkin merupakan tanda dari salah satu penyakit berikut:

  • Hipertiroidisme
  • Diabetes tipe 1 Atrofi otot (kehilangan otot)
  • Artritis reumatoid
  • Radang usus
  • Penyakit paru dengan obstruksi kronis
  • Endokarditis
  • Tuberkulosis
  • Kanker
  • HIV
  • Penyakit jantung membesar
  • Penyakit ginjal Penyakit
  • Addison Stres

Baca juga: Meski Sudah Diet dan Olahraga, 4 Hal Ini Bikin Berat Badan Sulit Turun – Madingmu

Perangkap penurunan berat badan

Ada banyak penyebab penurunan berat badan secara tiba-tiba dan drastis pada anak-anak dan orang dewasa, berikut faktornya:

  1. Penurunan berat badan pada orang dewasa dan orang tua 15-20% orang berusia 65 tahun ke atas mengalami penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, menurut penelitian. Merokok adalah salah satu hal yang dapat menyebabkan penurunan berat badan ini. Pada orang yang lebih tua, merokok dan distribusi lemak tubuh meningkatkan risiko penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.
  1. Penurunan berat badan anak dan remaja Penurunan berat badan yang tidak disengaja pada anak dan remaja dapat terjadi karena berbagai alasan, termasuk:
  • Kemiskinan

Faktor risiko terbesar bagi kegagalan anak untuk berkembang adalah kemiskinan. Berat dan tinggi badan anak mungkin di bawah rata-rata untuk anak seusianya. Bahkan di negara kaya seperti Amerika, hal ini benar adanya.

  • Menyusui

Merupakan hal yang umum bagi seorang ibu untuk menghadapi masalah saat menyusui. Bahkan jika Anda menggunakan susu formula, Anda perlu berlatih sebagai orang tua baru untuk mengetahui cara menyiapkannya dengan benar untuk anak Anda. Anda juga harus memperhatikan berat badan bayi Anda. Mintalah bantuan bila perlu dan pertimbangkan untuk menemui dokter anak. Cari tahu cara meningkatkan berat badan bayi Anda dan apa yang harus dilakukan jika bayi Anda tidak mau menyusu.

  • Alergi

Bayi juga dapat mengalami alergi terhadap susu formula tertentu, yang membutuhkan waktu untuk didiagnosis.

  • Gangguan makan

Diperkirakan 2,7 persen remaja mengalami gangguan makan. Dibandingkan dengan pria, wanita memiliki kemungkinan yang lebih besar. Remaja biasanya akan menyembunyikan kondisi ini.

Dapatkan notifikasi berita terkini setiap hari dan update berita pilihan dari Madingmu.com.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan38
Ruang Siswa153
Beasiswa278
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1363
Terpopuler1320
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.