Jumat , 24 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Sering Muncul Komedo? Berikut Cara Mudah Mengatasi Nya!

3. 7 cara menghilangkan komedo menggunakan bahan alami freepik

Madingmu.com – Komedo menjadi salah satu masalah kulit yang umum dialami oleh setiap orang. Namun, masih banyak yang belum paham loh, bagaimana cara mengatasi masalah kulit yang satu ini. Sebelum membahas solusinya, ada baiknya kamu cari tahu dulu tentang penyebab masalah komedo ini, tetapi kamu sebenarnya tahu enggak sih komedo itu apa?

Secara umum komedo diketahui sebagai bintik-bintik kecil yang muncul di permukaan kulit dan area sekitarnya. bintik ini berwarna gelap dan semakin terlihat jelas di kulit. Umumnya komedo sering muncul di hidung, dagu atau pun pipi. Ada juga komedo yang muncul di punggung atau pun dada.

Penumpukan sel kulit mati hingga kehadiran bakteri di pori-pori kulit, menjadi kan penyebab utama munculnya komedo. Ketika penumpukan ini terjadi pada pori-pori kulit yang tertutup, maka bintik yang muncul tidak akan menggelap. Sehingga, komedo ini disebut juga dengan komedo putih atau whitehead.

Saat penumpukan terjadi di pori-pori kulit yang terbuka, proses oksidasi akan menyebabkan bintik menggelap. Inilah yang disebut sebagai komedo atau blackhead.

Dikutip dari westoderm.com, komedo dikenal juga dengan istilah acne vulgaris atau jerawat hormonal.

Hal ini menunjukkan bahwa, komedo muncul karena adanya pengaruh hormon. Perubahan hormon ketika pubertas, menstruasi dan masa hamil, menjadi kan beberapa kondisi yang menyebabkan komedo muncul. Tidak heran, masalah ini sering dialami oleh perempuan, khususnya ketika masa remaja.

menurut my.cleavelandclinic.org, komedo terjadi karena adanya peradangan di folikel rambut atau di kelenjar minyak.

Lalu, solusi apa sih yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini? Tidak hanya banyak penyebabnya, mengatasi masalah komedo juga banyak caranya loh.

Dikutip dari neutrogena-me.com dibawah ini merupakan beberapa cara untuk mengatasi komedo :

Jangan Malas Membersihkan Wajah

Jika kamu sering malas untuk membersihkan wajah setelah seharian beraktivitas, sebaiknya kamu memulai untuk meninggalkan kebiasaan buruk ini. Malas membersihkan wajah apalagi setelah menggunakan makeup seharian, menjadi salah satu penyebab munculnya komedo. Udara yang penuh polusi membuat komedo tumbuh subur dikulit mu. Partikel debu yang sangat kecil juga bisa menembus permukaan kulit dan membawa bakteri dari lingkungan dan menempel di kulitmu. Semakin banyak kotoran dan bakteri yang menempel, maka semakin rentan pula komedo muncul di kulit.

Mulailah membersihkan wajah dengan minyak pembersih atau micellar water. Kemudian gunakan sabun pembersih yang mampu menghilangkan kotoran dan minyak berlebih, tanpa menyebabkan kulit kering.

Jangan Memencet Komedo

Kebiasaan memencet komedo, tidak sepenuhnya bisa menghilangkan akar penyebabnya. Apalagi jika kamu memencetnya menggunakan tangan atau kuku yang kotor. Bukannya hilang, komedo akan semakin parah, karena kamu mentransfer bakteri dari tangan dan kuku ke komedo. Pertumbuhan bakteri pun akan semakin pesat, alhasil komedo akan semakin sulit untuk diatasi.

Memencet komedo juga bisa menjadi penyebab awal dari peradangan di wajah yang semakin parah. Oleh karena itu, sebaiknya jangan menggunakan cara ini untuk menghilangkan komedo.

Gunakan Produk yang Tepat

Penting juga nih, untuk memperhatikan kandungan dalam setiap produk skincare. Pastikan kamu tidak menggunakan produk yang menyebabkan pori-pori tersumbat. Pilihlah produk dengan label non-comedogenic. Kamu juga bisa menggunakan produk dengan kandungan asam salisilat. Kandungan ini baik untuk pemilik kulit berminyak, serta bisa mencegah pori-pori tersumbat, dan membuat kulit lebih halus bebas komedo.

Produk dengan kandungan tea tree oil juga baik digunakan untuk mengurangi pertumbuhan bakteri. Green tea yang kaya akan antioksidan, serta retinoid yang bisa mencegah penyumbatan pori-pori, bisa menjadi beberapa kandungan skincare yang perlu kamu pertimbangkan, untuk mencegah munculnya komedo.

Baca Juga : Cara Efektif Mengatasi Pori-pori Besar Pada Wajah

Rajin Eksfoliasi

Selain minyak berlebih diwajah, sel kulit mati juga kerap memenuhi pori-pori dan menyebabkannya tersumbat. Pengelupasan sel kulit mati yang tidak teratur, bisa menjadi penyebab lain munculnya komedo. oleh karena itu, kamu harus rajin melakukan eksfoliasi agar kulit kamu halus dan terbebas dari komedo.

Gunakanlah produk yang mengandung asam alfa atau beta hidroksi. Perhatikan juga kandungan dalam produk eksfoliasi yang kamu pilih, sesuaikan pula dengan jenis dan kebutuhan kulitmu.

Cukup lakukan eksfolisasi setidaknya dua kali seminggu, jika berlebihan melakukan eksfoliasi, maka kulitmu akan iritasi.

Jika berbagai cara saat mengatasi komedo tetap tidak ampuh untuk menghilangkan komedo di wajahmu, ada baiknya kamu langsung melakukan perawatan dengan dokter kulit. Mereka yang ahli tentu lebih tahu kondisi masalah kulitmu, dan mengatasi masalah ini.

Selain itu, pastikan kamu juga rajin menjaga kesehatan tubuh, Jangan lupa lindungi kulitmu dari paparan sinar UV setiap hari. Penuhi kebutuhan cairan harianmu, cukup tidur dan mengonsumsi makanan tinggi antioksidan, bisa menjadi cara lainnya untuk menjaga kesehatan kulit, termasuk menghindari munculnya komedo.

Follow Juga : Instagram madingmu

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan213
Editor's Pick1497
Terpopuler1452
Opini10
Serba Serbi619

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.