Jumat , 24 Mei 2024
Editor's PickHeadlineKilas PendidikanTerpopuler

Berapa Passing Grade Tes Bakat Skolastik LPDP? Ini Triknya Agar Lolos

pasiing grade1

Madingmu.com – Pendaftaran beasiswa LPDP tahap 2 telah dibuka kembali oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP. Tes bakat skolastik LPDP memiliki nilai ambang batas (passing grade) yang mungkin membuat para pendaftar penasaran.

Tes Bakat Skolastik adalah serangkaian ujian yang digunakan untuk menilai kecerdasan umum dan keluasan kapasitas kognitif. Penilaian ini akan mengungkapkan minat dan keterampilan seseorang. Penguji akan dapat mengetahui apakah pilihan pelamar sesuai dengan kemampuannya berdasarkan motivasinya.Pelamar harus mencapai nilai ambang batas terendah atau passing grade yang ditetapkan oleh LPDP untuk dapat lulus Tes Bakat Skolastik. Tes Bakat Skolastik LPDP memiliki nilai ambang batas kelulusan sebagai berikut:

  • Beasiswa LPDP umum di bawah 150
  • Beasiswa di bawah LPDP: 120
  • Beasiswa LPDP Afirmasi: 90

Ada tiga kategori materi yang diujikan dalam seleksi bakat skolastik LPDP 2023, yaitu penalaran verbal, penalaran numerik, dan pemecahan masalah.

  • Penalaran Verbal: Ujian ini mengukur kemampuan kandidat dalam membaca pemahaman dan analisis tekstual. Pemahaman terhadap konten, antonim, sinonim, dan hubungan makna kata dapat diuji.
  • Penalaran Kuantitatif: Komponen ini menilai kapasitas kandidat untuk berpikir logis dalam kaitannya dengan fakta dan angka. Pertanyaan yang melibatkan aritmatika, statistik, dan analisis data akan diberikan kepada kandidat.
  • Pemecahan Masalah: Bagian ini menilai kemampuan kandidat dalam menguraikan masalah yang rumit dan mengembangkan solusi yang dapat diterapkan. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dapat berkaitan dengan isu-isu dari berbagai industri.

Strategi Passing Grade Tes Bakat Skolastik LPDP

  1. Persiapan Menyeluruh: Sebelum tes, sangat penting untuk melakukan persiapan yang ekstensif dan menyeluruh. Hal ini meliputi membiasakan diri dengan materi tes, memahami jenis-jenis pertanyaan yang mungkin ditanyakan, dan berlatih menjawab soal-soal latihan.
  2. Penguasaan Konsep Dasar: Kandidat akan menjawab pertanyaan dengan lebih yakin jika mereka memiliki pemahaman yang kuat tentang konsep-konsep dasar dalam penalaran verbal, penalaran matematis, dan pemecahan masalah.
  3. Latihan soal: Latihan rutin dengan berbagai macam pertanyaan dapat membantu Anda menjadi lebih mahir dalam menjawab pertanyaan yang mungkin muncul dalam tes.
  4. Manajemen Waktu yang Efektif: Kandidat yang memiliki pengetahuan tentang manajemen waktu yang efektif akan dapat mengalokasikan waktu ujian mereka secara efektif untuk setiap bagian.
  5. Ketenangan dan Kepercayaan Diri: Menjaga ketenangan dan kepercayaan diri saat mengerjakan tes akan membantu Anda lebih baik dalam menjawab pertanyaan.

Agar kamu bisa lulus LPDP nanti, persiapkan diri semaksimal mungkin dengan berlatih setiap hari.

Oleh karena itu, ulasan mengenai daftar siswa yang lolos Tes Bakat Skolastik LPDP ini sangat diperlukan. Semoga bermanfaat!

Follow Juga : Instagram madingmu

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan213
Editor's Pick1497
Terpopuler1452
Opini10
Serba Serbi619

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.