Jumat , 19 Juli 2024
BeasiswaEditor's PickHeadlineTerpopuler

6 Tips Mencari Surat Rekomendasi untuk Daftar Beasiswa LPDP 2024

LPDP

Madingmu.com – Salah satu syarat mendaftar beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2024 adalah dengan menyertakan surat rekomendasi. Surat rekomendasi perlu dipersiapkan dengan baik karena tidak hanya berfungsi untuk melengkapi syarat mendaftar beasiswa LPDP 2024 saja, akan tetapi juga menunjukkan kompetensimu dari sudut pandang akademisi.

Dilansir dari laman Instagram resmi LPDP, Sabtu (30/12/2034), LPDP membagikan tips mencari surat rekomendasi bagi mahasiswa sebagai persiapan mendaftar beasiswa LPDP 2024.

Tips Mencari Surat Rekomendasi Untuk Daftar LPDP 2024

Berikut ini tips sebelum meminta surat rekomendasi sebagai salah satu syarat mendaftar beasiswa LPDP 2024:

Sebelum meminta surat rekomendasi, mahasiswa perlu memperhatikan beberapa hal, seperti berapa jumlah surat rekomendasi yang diminta, apakah ada ketentuan format surat rekomendasi.

Bila tidak ada format tertentu, biasanya akan berbentuk pertanyaan-pertanyaan yang perlu dijawab.

Mahasiswa yang akan mencari surat rekomendasi untuk melengkapi syarat mendaftar beasiswa LPDP 2024, juga perlu memperhatikan beberapa hal ini saat mencari surat rekomendasi.

  1. Pilih pemberi rekomendasi dengan bijak yaitu orang yang benar-benar mengenal kamu, bukan hanya sekadar nama besar yang hanya mengenalmu secara permukaan.
  2. Berikan informasi yang cukup, misalnya ringkasan diri, tujuan akademik, alasan memilih program dan sejenisnya. Ini akan membantu mereka menulis rekomendasi yang lebih relevan atau tepat dan persuasif.
  3. Jangan minta mepet dan mendadak, bahkan dalam banyak kasus, mahasiswa yang mencari surat rekomendasi menyiapkan waktu 1 hingga 3 bulan untuk meminta surat rekomendasi. Sehingga segera persiapkan untuk mencari surat rekomendasi sebelum jadwal resmi pendaftaran beasiswa LPDP 2024 benar-benar dibuka.
  4. Mintalah dengan sopan akan kesediaan waktunya. Jelaskan maksud, tujuan dan apa yang perlu mereka lakukan dengan jelas.
  5. Di beberapa kampus, pemberi rekomendasi harus membuat akun dan mengisi formulir surat rekomendasi yang tentu akan menyita waktu mereka. Pertimbangkan lagi siapa pemberi rekomendasi yang berkenan meluangkan waktu dan tenaga untuk prosedur submit.
  6. Ucapkan terima kasih setelah mereka memberikan surat rekomendasi. Pasalnya mereka telah meluangkan waktu dan usaha untuk membantu mendapatkan surat rekomendasi sebagai salah satu syarat mendaftar beasiswa LPDP 2024.

Itulah merupakan tips mencari surat rekomendasi untuk mendaftar beasiswa LPDP 2024 yang diperkirakan dibuka pada Januari 2024. Sehingga mahasiswa yang berencana mendaftar beasiswa ini, perlu mempersiapkan semua persyaratan mulai dari sekarang.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.