Selasa , 23 April 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Pramuka: Pilar Pendidikan Karakter Bangsa

Pramuka Kecerdasan Emosional dan Generasi Emas 2045 1024x640 1

Madingmu.com – Pramuka adalah Pendidikan Karakter untuk Pemuda dan Pemudi Muda. Pramuka merupakan gerakan pendidikan di luar sekolah yang mengembangkan karakter, kepemimpinan, dan nilai-nilai moral pada anak-anak dan remaja. Tujuannya adalah membentuk warga negara bertanggung jawab, beretika, dan berempati, serta memiliki keterampilan yang berguna. Melalui kegiatan luar ruangan, pelatihan, dan pelayanan masyarakat, Pramuka mengajarkan kesetiaan kepada Tuhan, bangsa, dan tanah air, serta semangat gotong royong dan persaudaraan. Dengan struktur organisasi yang berjenjang, Pramuka memberikan program yang sesuai dengan usia anggotanya untuk mengembangkan karakter dan keterampilan.Hari Pramuka Nasional dirayakan setiap 14 Agustus untuk memperingati berdirinya Gerakan Pramuka Indonesia pada tahun 1961.

Pramuka: Pendidikan Karakter Aktif dan Holistik Pada Hari Pramuka Nasional, anggota Pramuka di Indonesia merayakan semangat mereka melalui upacara, kegiatan sosial, dan acara lain yang mempromosikan nilai-nilai Pramuka seperti kesetiakawanan, kedisiplinan, dan kepemimpinan. Pramuka di sekolah bertujuan memberikan pendidikan karakter komprehensif melalui kegiatan fisik, mental, sosial, dan spiritual. Melalui pengalaman langsung seperti kemah dan proyek pelayanan masyarakat, siswa belajar nilai-nilai moral, tanggung jawab, dan kerja sama.

Pengembangan keterampilan alam, pertolongan pertama, komunikasi, dan seni juga berkontribusi pada kepercayaan diri siswa. Konsep Tri Satya dan Dasa Dharma serta pelajaran tentang tanggung jawab dan nasionalisme membentuk karakter yang kuat dan cinta tanah air. Pramuka juga mendukung sosialisasi, interaksi, empati, dan pengabdian. Melalui prestasi dan penghargaan, Pramuka mendukung pembangunan manusia berkualitas di Indonesia.

Pramuka merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang dapat meningkatkan pendidikan siswa dengan dimensi karakter dan kemampuan yang sangat penting untuk kesuksesan mereka dalam hidup karena kualitas positif ini.

Gerakan Pramuka pada awalnya didirikan sebagai satu-satunya organisasi yang diizinkan untuk menyelenggarakan instruksi kepanduan di Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961, yang secara efektif membentuk dan menetapkan Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi yang berwenang untuk melakukannya.

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 mengatur Gerakan Pramuka dengan tujuan menghidupkan semangat perjuangan berbasis Pancasila dalam masyarakat yang beragam dan demokratis. Undang-undang ini mengatur pendidikan, kelembagaan, wewenang pemerintah, hak dan kewajiban pemangku kepentingan, dan keuangan Pramuka. Namun, Pramuka menghadapi tantangan seperti persepsi generasi muda tentang kepramukaan yang kuno dan tidak relevan. Maka, perlu variasi kegiatan yang menarik untuk mempertahankan minat mereka. Pramuka harus beradaptasi dengan program yang sesuai perkembangan zaman, memastikan pendidikan karakter yang sukses berlangsung.

Dapatkan notifikasi berita terkini setiap hari dan update berita pilihan dari Madingmu.com.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan38
Ruang Siswa153
Beasiswa278
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1363
Terpopuler1320
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.