Rabu , 19 Juni 2024
Editor's PickHeadlineKilas PendidikanTerpopuler

UGM Jadi Kampus Favorit Penerima LPDP, Tahun 2023 Terima Segini

ugm 1

Madingmu.com – Penerima Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk tahun 2023 akan segera diberangkatkan. Terdapat 304 mahasiswa yang tergabung dalam kelompok Asa Gaharu, yang akan berangkat ke 11 negara.

Asa Gaharu yang merupakan angkatan ke-209 dari LPDP akan berangkat pada bulan Agustus dan Januari 2024. Nama Asa Gaharu sendiri menunjukkan komitmen angkatan 209 terhadap kemajuan teknologi, memprioritaskan kepedulian terhadap lingkungan, dan keberlanjutan untuk generasi mendatang.

Pada tanggal 28 Desember 2011, Beasiswa LPDP pertama kali diperkenalkan sebagai sebuah divisi fungsional di bawah Kementerian Keuangan Indonesia. Program ini bertujuan untuk melaksanakan penyaluran dana prioritas APBN untuk pendidikan.

LPDP menawarkan dana untuk pengerjaan tesis dan disertasi serta untuk afirmasi dan pelatihan khusus baik di dalam maupun di luar negeri.
Mahasiswa Indonesia yang mendapatkan beasiswa LPDP dituntut untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk mencurahkan waktu dan tenaga dalam menempuh pendidikan lanjutan, baik di dalam maupun di luar negeri.

Ada beberapa kampus yang menjadi favorit para pelajar setiap tahunnya untuk mendapatkan beasiswa ini. Kampus pilihan para pelamar beasiswa LPDP tahun 2023 adalah Universitas Gadjah Mada (UGM).

UGM merupakan kampus pilihan para penerima beasiswa LPDP.

Dari total 304 siswa, sebanyak 85 siswa akan melanjutkan pendidikan di UGM tahun ini. Hal ini menjadikan UGM sebagai kampus pilihan utama penerima beasiswa dalam negeri.

Jumlah ini melampaui jumlah penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI), program beasiswa lain yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Puji Astuti, S.Si, M.Si, Apt, Direktur Kemitraan dan Hubungan Global dalam laman UGM, “UGM masih menjadi tujuan utama mahasiswa penerima beasiswa LPDP, mengalahkan skema BPI Kemendikbud yang lebih banyak mengirim mahasiswa ke Inggris.”

Statistik ini merupakan salah satu metrik yang digunakan oleh laman resmi UGM untuk mengukur kinerja UGM dalam mewujudkan visinya sebagai universitas nasional berkelas dunia yang unggul, inovatif, dan mengabdi pada kepentingan bangsa dan kemanusiaan yang dijiwai oleh nilai-nilai budaya bangsa yang berlandaskan Pancasila.

Seperti diketahui, UGM secara konsisten menduduki peringkat pertama di antara perguruan tinggi negeri terbaik. UGM menduduki peringkat ke-694 secara keseluruhan dan peringkat kedua di Indonesia versi Webometrics pada tahun 2023. Kemudian, UGM menempati peringkat ke-2 di Indonesia dan ke-263 di dunia dalam QS University Ranking 2024.

Alumni terkenal dari kampus Bulaksumur antara lain Presiden Joko Widodo, Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi, dan penyair ternama Sapardi Djoko Damono.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.