Minggu , 19 Mei 2024
Editor's PickHeadlineLiterasi KeuanganTerpopuler

Auto Cepat Kaya! Mengatur Keuangan Ala Jepang Dengan Metode Kakeibo

metode kakeibo cover

Madingmu.com – Kakeibo atau biasa diucapkan sebagai “kah-keh-boh,” diterjemahkan artinya adalah “buku besar keuangan rumah tangga.” Istilah ini diciptakan pada tahun 1904 oleh seorang perempuan bernama Hani Motoko (terkenal sebagai jurnalis perempuan pertama di Jepang).

Kakeibo tidak melibatkan perangkat lunak penganggaran, aplikasi seperti Microsoft Excel, atau apa pun. Melainkan hanya buku catatan dan pena untuk mencatat dan mengamati kebiasaan belanja sehari-hari.

Dalam metode kakeibo, sebelum membeli barang-barang (yang tidak penting, atau secara impulsif), kamu harus menanyakan diri kamu sendiri dengan pertanyaan-pertanyaan berikut.

  • Bisakah saya hidup tanpa barang ini?
  • Berdasarkan situasi keuangan saya, apakah saya mampu membelinya?
  • Apakah saya akan benar-benar menggunakannya?
  • Apakah saya punya ruang untuk menyimpannya?
  • Bagaimana saya pertama kali menemukannya? (Apakah saya melihatnya di majalah? Apakah saya menemukannya setelah berjalan-jalan ke toko suvenir karena bosan?)
  • Bagaimana keadaan emosi saya secara umum hari ini? (Tenang? Stres? Perayaan? Merasa buruk tentang diri sendiri?)
  • Bagaimana perasaan saya jika membelinya? (Senang? Bersemangat? Biasa saja? Pun, berapa lama perasaan ini akan bertahan?)

Pertanyaan-pertanyaan ini dapat membuat kamu lebih baik, cepat, cerdas, dan logis dalam hal membuat keputusan mengenai apakah akan mengeluarkan uang untuk membeli barang tertentu.

Berikut ini beberapa strategi sederhana kakeibo untuk memastikanmu berbelanja dengan lebih hati-hati. Simak dibawah ini!

  1. Membiarkan Barang Yang Ingin Di Beli Selama 24 Jam

shutterstock 526104310 768x513 1

Dilansir dari laman CNBC, membiarkan barang yang akan kamu beli terbayang-bayang dapat membantumu mengetahui apakah kamu benar-benar menginginkan barang tersebut atau hanya membutuhkannya.

Jika kamu terus memikirkan barang tersebut keesokan harinya dan mampu membelinya, maka belilah barang itu. Kamu akan mendapat kepuasan yang lebih besar sudah membeli barang tersebut setelah melakukan cara yang satu ini.

  1. Jangan Mudah Tergoda Oleh Promo

unsplash image mIqyYpSNq3o

Diskon besar-besaran seringkali membuat orang akan menghabiskan uang untuk membeli barang yang mungkin tidak terlalu dibutuhkan. Jadi, ada perlunya untuk menanyakan pada diri sendiri apakah barang yang didiskon itu benar-benar barang yang kamu perlukan dan harus kamu miliki?

  1. Memeriksa Saldo Secara Teratur

hands 1851218 1280

Memeriksa saldo rekening setiap saat dapat membantu kamu dalam mengendalikan pengeluaran uang dan memfokuskan berapa banyak uang yang harus kamu keluarkan untuk kebutuhanmu. Kebiasaan ini mungkin menakutkan atau sulit dicoba pada awalnya, namun dapat memberikan hasil yang luar biasa untuk keuanganmu.

  1. Selalu Menggunakan Uang Tunai

thr 169

Dibandingkan dengan menggesek kartu kredit atau debit, menggunakan uang tunai secara fisik dapat membuatmu lebih sadar akan apa yang kamu belanjakan, dan kamu akan lebih mudah membuat anggaran. Cobalah untuk mengeluarkan sejumlah uang tunai untuk digunakan selama seminggu dan hanya belanjakan apa yang betul-betul kamu perlukan.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan214
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa155
Beasiswa292
School lifehack152
Hiburan209
Editor's Pick1474
Terpopuler1429
Opini10
Serba Serbi612

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.