Minggu , 19 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSchool lifehackTerpopuler

Kenapa Kapal Tidak Tenggelam di Lautan? Ini Dia Jawabannya

64e2f5161a99a075942504

Madingmu.com – Kapal merupakan salah satu transportasi air yang banyak digunakan oleh manusia untuk menyeberangi lautan. Benda besar tersebut dapat mengapung dan membawa banyak penumpang di atas air.

Lantas, kenapa kapal tidak bisa tenggelam padahal ukurannya besar dan berat? Padahal banyak benda kecil yang ketika dimasukkan ke dalam air akan langsung tenggelam. Berikut alasannya.

Kenapa Kapal Tidak Tenggelam?

Kapal tidak tenggelam dan dapat terapung di laut karena massa jenis kapal laut lebih kecil dari massa air. Dilansir dari buku Apakah Ikan Tidak Pernah Tidur? karya Yuliana Kartikawati, yang menyebabkan massa jenis kapal laut lebih kecil dari massa air adalah karena kapal berbentuk cekungan dan mempunyai ruang-ruang luas, serta rongga berisi udara.

Hal ini membuat volume kapal laut menjadi besar. Sehingga, kapal tidak tenggelam ketika berlayar di laut meski membawa beban yang berat.

Senada dengan hal tersebut, dilansir dari laman Let’s Talk Science, kapal bukanlah potongan baja yang padat, tapi sebagian besarnya adalah kerangka baja yang dilubangi. Ada berbagai macam komponen dalam kapal, seperti mesin, bahan bakar, dan muatan di dalamnya. Namun yang terpenting adalah udara dalam kapal.

Sedangkan kapal tenggelam disebabkan karena air yang masuk ke dalam kapal. Kondisi ini akan memaksa udara keluar dan membuat kepadatan rata-rata kapal lebih besar dari kepadatan air.

Hukum Archimedes

Mengapungnya kapal terjadi atas dasar hukum archimedes yang berisi prinsip pengapungan di atas zat cair. Teori ini menyatakan bahwa setiap benda yang sebagian atau seluruhnya terendam dalam zat cair, atau sebagian zat cair, memiliki daya dorong ke atas pada benda tersebut.

Pada dasarnya ada tiga kemungkinan saat sebuah benda dimasukkan ke air, yaitu tenggelam, melayang, dan mengapung. Dilansir dari laman IPA Terpadu SMP dan MTs oleh Mirajuddin, dkk, berikut penjelasannya.

  1. Tenggelam

Ketika batu dilemparkan ke atas permukaan air, maka batu tersebut akan bergerak turun sampai ke dasar. Artinya berat batu (w) lebih besar dari gaya angkat (Fa). Sehingga, benda dikatakan tenggelam apabila berat benda lebih besar dari gaya angkat zat cair.

w>Fa

  1. Melayang

Benda dikatakan melayang jika berat benda sama dengan gaya angkat zat cair. Pada benda tersebut, seolah-olah tidak ada gaya yang bekerja. Jadi, beda tidak tertarik ke bawah ataupun terangkat ke atas.

w=Fa

  1. Terapung

Hal inilah yang terjadi pada kapal. Benda dikatakan terapung jika berat benda lebih kecil daripada gaya angkat zat cair.

w

Kenapa Kapal Selam Bisa Tenggelam?

Kapal selam dapat mengapung, melayang, dan tenggelam. Karena kapal selam mempunyai tangki pemberat yang bisa diisi oleh air laut dan kemudian dikosongkan.

  • Apabila tangki pemberat diisi dengan air laut, berat kapal selam semakin besar dan melebihi gaya angkat air laut. Sehingga, kapal selam bergerak turun ke dasar laut.
  • Apabila tangki pemberat diisi air sebagian, berta kapal selam menyamai gaya angkat air laut. Jadi, kapal selam akan melayang.
  • Apabila tangki pemberat dikosongkan, berat kapal selam lebih kecil dari gaya angkat air laut. Sehingga, kapal selam bergerak ke atas dan muncul di atas permukaan laut.

Itu dia jawaban dari pertanyaan dari kenapa kapal tidak tenggelam. Semoga menjawab rasa penasaranmu sobat madingmu.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan214
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa155
Beasiswa292
School lifehack152
Hiburan209
Editor's Pick1474
Terpopuler1429
Opini10
Serba Serbi612

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.