Minggu , 19 Mei 2024
Editor's PickHeadlineLiterasi KeuanganTerpopuler

5 Tips Mengatur Keuangan Usai Lebaran

xdfURFWk3HRZUqkeXNVMfCxJNDVEXlvxa5xvlGVE

Madingmu.com – Libur dan cuti bersama lebaran sudah berakhir. Tak bisa dipungkiri jika Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri, kamu akan mengeluarkan dana yang cukup besar seperti untuk membayar zakat, biaya makanan, pakaian, amplop lebaran, biaya untuk hidangan dan lainnya serta mengeluarkan dana untuk liburan juga lho.

Bagi kamu yang masih mempunyai sisa tunjangan hari raya (THR), kamu perlu mengelola uang dengan baik agar kantong kamu tidak jebol. Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan untuk membenahi keuangan seusai lebaran:

  1. Periksa dan Atur Kembali Catatan Keuangan

ilustrasi keuangan

Kamu harus memastikan bahwa pos mana saja yang menyebabkan pengeluaran menjadi sangat banyak saat lebaran, sehingga kamu bisa mengalokasikan dana untuk mengisi kembali kekosongan uang pada dana yang secara tidak sengaja sudah terpakai. Setelah mengevaluasi catatan pengeluaran selama lebaran, berikutnya yaitu kamu mengatur kembali anggaran keuangan. Hal ini dilakukan untuk mengatur ulang perincian pengeluaran dan untuk menekan pos-pos yang dirasa tidak terlalu penting. Dengan begitu pengeluran pasca lebaran dapat diminimalkan.

  1. Buat Prioritas

Skala Prioritas 1

Setelah semua pos-pos pengeluaran dirinci, selanjutnya kamu mengurutkannya sesuai dengan prioritas kebutuhan yang utama, untuk kebutuhan yang bisa dibilang bersifat tersier, untuk sementara waktu kamu bisa menghilangkannya terlebih dahulu, guna memenuhi kebutuhan utama harian dan pembayaran iuran wajib bulanan.

  1. Batasi Pngeluaran Harian

tips menabung harian

Membatasi pengeluaran harian contohnya bisa dilakukan dengan membuat rincian daftar belanjaan sesuai dengan kebutuhan. Contohnya seperti hindari untuk membeli makanan di luar karena hal ini bisa dibilang cukup boros.

  1. Mulai Menabung Kembali

cara menabung di bank

Dengan membatasi pengeluaran, diharapkan kamu mampu dalam menyisihkan uangnya untuk mengisi kembali tabungan yang sudah terpakai saat lebaran. Tapi perlu kamu ingat bahwa uang harus disisihkan terlebih dahulu untuk ditabung, jangan sampai menunggu jika ada sisa dari pengeluaran.

  1. Disiplin Dalam Mengatur Keuangan

cara disiplin mengatur keuangan 1170x700 1

Semua langkah yang diambil untuk dilakukan akan sia-sia begitu saja jika tidak ada niat dan gerak dari kamu untuk menerapkannya. Diperlukan sikap disiplin untuk konsisten tentang apa yang telah diputuskan dan juga harus bersabar untuk sementara waktu melalui masa pemulihan keuangan pasca lebaran.

Semoga tips ini bermanfaat sobat madingmu.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan214
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa155
Beasiswa292
School lifehack152
Hiburan209
Editor's Pick1474
Terpopuler1429
Opini10
Serba Serbi612

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.