Minggu , 19 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

6 Mindset dan Sikap Yang Harus Kamu Miliki Lebih Dahulu Sebelum Jadi Pengusaha!

pengusaha muda sukses indonesia main image

Madingmu.com – Apakah kamu termasuk orang yang lebih suka bekerja atau berusaha sendiri daripada bekerja kantoran? Jika iya, berarti kamu membutuhkan modal finansial dan effort yang lebih, terutama dalam membangun mindset.

Untuk menjadi pengusaha, kamu harus memiliki 6 mindset ini. Apa saja sih? Simak dibawah ini

  1. Rasa Ingin Tahu

024218700 1623406742 successful businesswoman working laptop computer thinks new ideas her office dressed up white clothes 231208 4810

Dilansir dari laman Enterpreneur, kamu harus memiliki rasa ingin tahu seperti seorang anak kecil yang gemar dalam bertanya. Karena pemikiran yang kritis diperlukan untuk melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda dan memungkinkanmu untuk menemukan berbagai solusi dan antisipasi dari masalah dan kesalahan yang terjadi di bisnis yang kamu rintis.

  1. Keahlian Persuasi

persuasif

Kemampuan persuasi atau membujuk orang untuk menggunakan atau membeli produkmu merupakan keahlian penting bagi setiap pengusaha. Kunci meyakinkan orang lain adalah komunikasi yang efektif, dan ini tidak kalah penting dari sekadar kemampuan menjual jasa ataupun produk.

  1. Termotivasi oleh Diri Sendiri

031891100 1700308136 Ilustrasi semangat motivasi inspirasi bebas diri sendiri 1

Self motivated atau termotivasi oleh diri sendiri mencakup semangat tinggi sehingga seorang pengusaha mampu bekerja berjam-jam untuk menyelesaikan sesuatu dan bangkit dari kegagalan hingga berhasil meraih kesuksesan. Mindset ini sangat penting karena kamu sebagai pengusaha tidak bergantung pada orang lain selain pada dirimu sendiri.

  1. Tahan Banting dan Ulet

Setiap bisnis pasti akan menghadapi masa-masa sulit, contohnya ketika dunia sedang dilanda oleh pandemi seperti beberapa tahun lalu. Akan ada hari di mana sepertinya bisnismu tidak akan bertahan lama.

Dalam hal ini diperlukan ketangguhan untuk mengisi ulang tenaga serta bangkit kembali. Ketahanan menghadapi kesulitan inilah yang menjadi pendorong terbesarmu untuk sukses dalam bisnismu. Selain itu, diperlukan juga jiwa yang selalu bergairah saat menjalani bisnis karena itulah modal utama setiap wirausaha untuk mengembangkan usahanya.

  1. Berorientasi pada Solusi

win win 125

Dilansir dari MIT Management, pola pikir kewirausahaan adalah pola pikir yang tangguh, banyak akal, dan berorientasi pada solusi. Pengusaha harus selalu mandiri, berorientasi pada tindakan untuk memecahkan masalah dan bukan merutuki mengapa masalah harus terjadi pada usahanya. Kamu harus selalu berpikir positif bahkan saat mengalami kejadian buruk.

  1. Berani Mengambil Risiko

alasan mengambil risiko

Dilansir dari laman JD Meier, dunia bisnis dipenuhi oleh ketidakpastian dan risiko. Dengan mindset berani mengambil risiko, kamu dapat termotivasi untuk mengembangkan strategi mengatasi masalah, bereksperimen dengan cara dan teknologi baru, hal-hal baru, dan belajar dari kesalahan.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan214
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa155
Beasiswa292
School lifehack152
Hiburan209
Editor's Pick1474
Terpopuler1429
Opini10
Serba Serbi612

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.