Minggu , 19 Mei 2024
Editor's PickHeadlineLiterasi KeuanganTerpopuler

Anti-Mainstream! 3 Alternatif THR Ini Enggak Harus Uang Tunai Lho!

ilustrasi thr atau tunjangan hari raya 169

Madingmu.com – Bulan Ramadan akan segera berakhir dan hari raya Idulfitri sudah di depan mata. Euforia hari raya tentu saja sudah sangat terasa di momen-momen ini dan ditunjukkan lewat makin ramainya gerai-gerai yang menjual keperluan untuk hari raya, mulai dari baju baru, camilan khas hari raya, hingga amplop untuk THR.

Ngomong-ngomong soal THR, sebenarnya uang saku yang diberikan di hari raya Idulfitri ini nggak melulu harus dalam bentuk uang tunai kok. Dilansir dari laman CNN Indonesia, kamu bisa kok meramaikan tradisi hari raya dengan alternatif THR berikut ini:

  1. Saham dan Reksa Dana

SEO MAR Apa itu Reksadana Imbal Hasil BHS

Saham memang produk investasi dengan risiko tinggi dan bahkan cukup sulit untuk dipahami oleh orang dewasa sekalipun. Meskipun begitu, memberikan saham sebagai THR juga merupakan langkah awal untuk mengajarkan investasi kepada orang terdekat, terutama kepada anggota keluarga.

Selain saham, kamu juga bisa memberikan THR sebagai tradisi lebaran dalam bentuk produk reksa dana. Ada banyak reksa dana yang bisa kamu pilih, mulai dari reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, campuran, hingga saham.

  1. Logam Mulia

gold 10 1

Logam mulia bisa menjadi salah satu alternatif THR yang bisa kamu pertimbangkan untuk diberikan kepada orang terdekat, terutama anak. Memberikan logam mulia alih-alih uang tunai bisa membuat anak belajar tentang investasi sejak dini.

Jika diberikan kepada anak-anak yang usianya masih kecil, kamu bisa memilih logam mulia tematik berbentuk koin emas yang biasanya dijual mulai dari ukuran 0,1 gram. Biasanya, anak-anak akan menyukai logam tematik yang dikemas dengan bungkus bergambar tokoh kartun atau pahlawan kesukaannya.

  1. Produk Olahan Sendiri

hampers lebaran

Jika kamu ahli membuat makanan atau jajanan, kamu bisa menjadikannya sebagai alternatif THR di momen hari raya Idulfitri. Kamu bisa membuat selai, sambal, hingga bumbu-bumbu masakan racikan sendiri yang dikemas secara menarik kepada orang terdekat.

Selain produk olahan di atas, kamu juga bisa membuat jajanan khas hari raya Idulfitri seperti lidah kucing, nastar, kue kacang, putri salju, hingga kastengel. Seperti produk olahan sebelumnya, kamu juga bisa mengemas jajanan khas lebaran itu di stoples cantik dan menyatukannya sebagai hampers.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan214
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa155
Beasiswa292
School lifehack152
Hiburan209
Editor's Pick1474
Terpopuler1429
Opini10
Serba Serbi612

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.