Minggu , 19 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Menurut Para Ahli, 5 Kebiasaan Ini Dapat Memicu Kecemasan!

Screenshot 2022 05 05 14 39 42

Madingmu.com – Meski sering terjadi dan dianggap hal yang normal, kecemasan merupakan perasaan yang sangat tidak diinginkan. Jika bisa memilih, pasti kamu akan memilih untuk tidak mengalaminya kan? Natasha Reynolds, psikoterapis di Bloom Psychology & Wellness di Toronto, menganggap kecemasan seperti alarm asap.

“Pendeteksi ancaman di otak kita mungkin bereaksi ketika dianggap sebagai ancaman, tapi tidak benar-benar berbahaya bagi kita,” kata Natasha. Namun, Natasha juga mengungkap ada beberapa kebiasaan yang bisa memicu kecemasan. Dilansir dari Huffpost Berikut 5 kebiasaan yang dapat memicu kecemasan.

  1. Penghindaran

Gangguan Kepribadian Menghindar doktersehat

Para ahli mengatakan bahwa penghindaran adalah satu kebiasaan yang bisa berdampak negatif. “Saya yakin, perilaku nomor satu yang memperburuk kecemasan adalah penghindaran,” kata Jennifer Anders, psikolog berbasis di Colorado.

“Ini sebenarnya berlawanan dengan apa yang diyakini kebanyakan orang. Kecemasan menjadi lebih buruk ketika Anda menghindari situasi, tempat, atau orang-orang yang memicu kecemasan Anda,” lanjutnya.

Justine Grosso, seorang psikolog di North Carolina, mengatakan daripada menghindari suatu situasi, kamu harus melakukan pendekatan secara bertahap. Misalnya terkait kecemasan sosial, Justine mengatakan daripada pergi ke pesta besar, jadwalkan acara minum kopi berdua dengan teman atau menghadiri sebuah pesta selama 10 menit lalu pergi.

  1. Catastrophizing

Canva Feeling stress out

Pernahkah kamu khawatir kecemasan kamu akan menyebabkan kamu pingsan dan tidak menerima bantuan dari orang-orang di sekitar? Atau pernahkah kamu terlambat membayar uang sewa dan berasumsi bahwa kamu akan segera diusir?

Hal ini dikenal sebagai catastrophizing, yaitu memikirkan skenario terburuk dan meyakini bahwa skenario inilah yang paling mungkin terjadi. Hal ini sangat berkontribusi terhadap kecemasan. Karena kecemasan bukanlah memikirkan skenario terbaik, memikirkan cara-cara yang bisa ditindaklanjuti untuk menghadapi situasi buruk sangat bermanfaat.

  1. Mencari Kepastian

751f2d ced1ad7edbb04e4e8fe9a164e1e400abmv2

Terus-menerus meminta masukan kepaada orang lain mengenai suatu situasi atau bahkan mencari gejala kesehatan kamu di Google juga dapat berkontribusi terhadap kecemasan. Perilaku seperti ini dikenal sebagai mencari kepastian. Dengan kata lain, kepastian adalah solusi cepat, tapi tidak akan membantu mengatasi kecemasan dalam jangka yang panjang.

  1. Negative Self-Talk

negative thinking

Mengatakan pada diri sendiri bahwa kamu tidak cukup baik atau sesuatu tidak akan berhasil bisa menambah tingkat kecemasan kamu. “Ini adalah masalah besar yang banyak orang tidak menyadari bagaimana mereka berbicara kepada diri mereka sendiri dan kata-kata yang mereka gunakan untuk menggambarkan diri mereka sendiri saat menjalani kehidupan sehari-hari dan aktivitas sehari-hari,” ungkap Jennifer.

  1. Menyenangkan Orang lain

2022 03 06 Anggia Web Berani Bilang Tidak Stop Being a People Pleaser

Sikap menyenangkan orang lain juga bisa memicu kecemasan. Banyak orang terutama perempuan, selalu mendahulukan kebutuhan orang lain di atas kebutuhan mereka sendiri sehingga kebiasaan ini sulit untuk dihilangkan.

“Hal ini benar-benar menciptakan dinamika pengabaian diri, memprioritaskan keinginan dan kebutuhan orang lain di atas keinginan dan kebutuhan Anda sendiri. Batasan yang buruk adalah hal lain yang menyebabkan kebiasaan,” ucap Jennifer.

Untuk memerangi kebiasaan-kebiasaan buruk di atas, kamu bisa menerapkan keterampilan membumi seperti grounding. Keterampilan grounding termasuk berjalan-jalan dan atau berolahraga yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung serta membuat kamu merasa aman ketika kecemasan melanda.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan214
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa155
Beasiswa292
School lifehack152
Hiburan209
Editor's Pick1474
Terpopuler1429
Opini10
Serba Serbi612

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.