Jumat , 19 Juli 2024
Editor's PickHeadlineLiterasi KeuanganTerpopuler

Nasib THR dan Gaji ke -13 Tahun 2024, Dilanjutkan atau Dihapuskan? Simak Penjelansannya!

kementrian

Madingmu.com Presiden telah menyatakan bahwa akan ada kenaikan pendapatan pegawai negeri dan pensiunan pada 16 Agustus 2023, seperti yang telah diketahui sebelumnya. Namun, ada beberapa informasi yang dihilangkan, terutama mengenai THR dan gaji ke-13 di tahun 2024. Lantas, topik apakah THR dan gaji ke-13 akan tetap ada di tahun 2024 atau malah ditiadakan menjadi ramai diperbincangkan.

Karena Presiden tidak menyebutkan THR dan gaji ke-13 dalam pidatonya tadi, maka belum jelas apa yang akan terjadi pada tahun 2024. Hal ini menimbulkan beberapa pertanyaan bagi para pegawai pemerintah. Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal tahun 2024 diikuti dalam penyusunan makalah ini, yang dilakukan oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Anggaran untuk tahun 2024 telah dibahas dalam dokumen yang disusun pada tanggal 19 Mei 2023. Pencapaian reformasi fiskal diindikasikan bergantung pada kelanjutan kebijakan belanja pegawai dari proses reformasi birokrasi pada tahun 2024.

Baca Juga: Rahasia Sukses Keuangan: Dosen UMM Ungkap Pentingnya Asuransi!

Belanja pegawai tahun 2024 secara umum akan difokuskan pada, antara lain

1. Antara lain mendorong implementasi manajemen ASN, digitalisasi, dan adaptasi pola kerja baru dengan tetap menjaga produktivitas untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi birokrasi.

2. Melanjutkan proses reformasi birokrasi secara menyeluruh untuk mewujudkan birokrasi yang lebih berkualitas, jujur, dan profesional.

3. Meningkatkan kualitas belanja pegawai dengan tetap menjaga mesin daya beli dan konsumsi masyarakat, antara lain melalui pemberian THR dan tunjangan gaji/pensiun, dan

4. Mereformasi sistem pensiun dan jaminan hari tua bagi pegawai negeri.

Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal Tahun 2024 yang disusun oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia memberikan penjelasan mengenai hal ini.

Pertanyaan umum yang sering kami tanyakan mengenai masa depan THR dan gaji ke-13 di tahun 2024 dijawab oleh apat. Yang mengarah pada poin ketiga, yang menyatakan bahwa PNS akan tetap mendapatkan gaji ke-13 dan THR di tahun 2024.

Konsekuensinya, bagaimana nasib THR dan gaji ke-13 di tahun 2024, apakah akan tetap ada atau ditiadakan? Simak penjelasannya, semoga bermanfaat bagi Anda.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.