Selasa , 5 Maret 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Akibat Musim Hujan Terus-menerus, Dinding Rumah Berjamur, Begini Cara Atasinya

solusi cat tembok anti jamur dan cat tembok menggelembung 1632794983

Madingmu.com – Musim hujan membuat kelembapan udara menjadi meningkat. Hal ini bisa memicu pertumbuhan jamur di dalam rumah. Salah satu bagian rumah yang rentan ditumbuhi jamur adalah dinding. Jamur bisa tumbuh di permukaan dinding apapun, baik dinding kayu maupun dinding batu bata. Jika ditumbuhi jamur, dinding akan berwarna hitam, hijau, atau putih. Tumbuhnya jamur di dinding tak hanya merusak estetika rumah, tetapi juga bisa berbahaya bagi kesehatan.

Bagaimana Jamur Bisa Tumbuh di Dinding Rumah?

Jamur menghasilkan spora yang dapat menyebar dengan cara melayang di udara. Dilansir dari laman Medical News Today, Kamis (7/12/2023), spora jamur merupakan cikal bakal tumbuhnya jamur. Spora jamur bisa masuk ke dalam rumah melalui udara atau menempel pada benda dan orang.

Kelembapan udara yang tinggi dapat mendukung pertumbuhan jamur. Kebocoran pada dinding atau banjir juga bisa memicu pertumbuhan jamur pada dinding rumah. Jamur bisa tumbuh dengan baik di permukaan dinding, baik dari kayu maupun batu bata.

Cara Membersihkan Jamur dari Dinding Rumah

Dilansir dari laman The Spruce, Kamis (7/12/2023), berikut ini adalah cara membersihkan jamur di dinding rumah.

Siapkan Alat dan Bahan untuk Membersihkan Jamur

Ada sejumlah alat dan bahan yang perlu kamu gunakan untuk membersihkan jamur dari dinding rumah. Alat dan bahan tersebut ialah sebagai berikut.

  • Sarung tangan pelindung
  • Kacamata pelindung
  • Masker wajah pelindung
  • Tangga
  • Ember plastik
  • Spons
  • Kain mikrofiber
  • Cangkir takar
  • Botol semprot
  • Sikat berbulu lembut
  • Pemutih klorin
  • Cairan pencuci piring
  • Hidrogen peroksida
  • Cuka putih murni

Campurkan Larutan Pembersih Jamur

Di dalam ember plastik, campurkan satu bagian cairan pencuci piring, 10 bagian pemutih klorin, dan 20 bagian air. Untuk membersihkan jamur pada area dinding yang tidak begitu luas, campurkan satu sendok makan cairan pencuci piring, dengan setengah cangkir pemutih klorin, dan satu cangkir air hangat dalam botol semprot. Cairan pencuci piring membantu larutan melekat lebih lama pada dinding untuk membunuh spora jamur.

Perlu diingat, pemutih klorin merupakan produk pembersih rumah yang paling efektif untuk membunuh spora jamur. Namun, jika pertumbuhan jamurnya kecil, kamu bisa menggunakan cuka putih murni atau hidrogen peroksida untuk membunuh spora.

Gunakan Cuka Putih Murni atau Hidrogen Peroksida

Cuka putih murni cukup asam untuk secara perlahan merusak struktur jamur dan membunuhnya. Semprotkan jamur dengan cuka putih murni 100%, lap jamur dengan kain mikrofiber atau spons, dan biarkan area itu mengering. Namun, jika ada noda gelap yang tersisa, kamu perlu melakukan pembersihan tambahan dengan pembersih rumah tangga.

Hidrogen peroksida akan membunuh jamur dan memudarkan noda, tetapi bekerja lebih lambat daripada pemutih klorin dan mungkin memerlukan beberapa kali pengaplikasian. Semprotkan jamur dengan hidrogen peroksida , lap area dengan spons, dan biarkan dinding mengering.

Lindungi Diri Anda

Saat membersihkan jamur, kenakan pakaian lama yang tidak masalah jika terkena percikan pemutih dan bisa dicuci dengan air panas untuk menghilangkan spora jamur yang mungkin tersebar ke permukaan. Pakailah masker wajah (disarankan N-95), kacamata pelindung, dan sarung tangan.

Tingkatkan Ventilasi di Ruangan

Untuk meningkatkan ventilasi selama proses pembersihan, buka jendela atau tambahkan kipas angin. Jika kamu membersihkan dinding kamar mandi, nyalakan kipas ventilasi kamar mandi dan gunakan kipas ekstraksi di dapur.

Terapkan Larutan Pembersih

Larutan pembersih bisa diaplikasikan dengan botol semprot atau spons. Bersihkan jamur mulai dari bawah dan naik ke atas. Ini akan mencegah spora menyebar dan noda bercak di dinding rumahmu. Permukaan dinding harus benar-benar basah, tetapi tidak terlalu lembab untuk mencegah kerusakan pada dinding kering. Jika jamur berada di dekat langit-langit, gunakan tangga yang kokoh.

Biarkan Dinding Mengering

Jangan menghapus larutan pembersih. Biarkan dinding mengering dengan sendirinya.

Periksa Noda yang Tersisa

Setelah dinding benar-benar kering, periksa area tersebut untuk melihat apakah ada noda gelap yang tersisa. Jika masih ada, ulangi langkah-langkah dengan larutan pembersih pemutih yang segar.

Itulah cara membersihkan jamur dari dinding rumah. Dengan mengikuti cara tersebut kamu bisa membersihkan jamur di dinding rumah dengan aman dan efektif. Lakukan langkah-langkah ini secara teratur untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rumahmu. Semoga bermanfaat, selamat mencoba!

Follow Juga : Instagram madingmu 

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan212
Literasi Keuangan34
Ruang Siswa141
Beasiswa234
School lifehack134
Hiburan185
Editor's Pick1150
Terpopuler1110
Opini10
Serba Serbi473

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.