Senin , 24 Juni 2024
Editor's PickHeadlineRuang SiswaSerba SerbiTerpopuler

Fakta Menarik Kota Lampung

lampung 1

Madingmu.com – Provinsi Lampung lahir pada 18 Maret 1964 atas penetapan Peraturan Pemerintah Nomor 3 tahun 1964. Provinsi Lampung sebelumnya berbentuk Karesidenan dan bergabung dengan Provinsi Sumatera Selatan.

Berikut adalah sejarah singkat tentang provinsi Lampung:

1. Zaman Pra-Sejarah

Wilayah Lampung diyakini telah dihuni manusia sejak zaman prasejarah. Bukti-bukti arkeologi menunjukkan bahwa daerah ini pernah menjadi tempat tinggal suku-suku pribumi seperti suku Lampung, suku Saibatin, dan suku Abung.

2. Zaman Hindu-Buddha

Pada masa lampau, wilayah Lampung menjadi bagian dari kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha yang berkuasa di Pulau Sumatera. Salah satu kerajaan terkenal adalah Sriwijaya yang memiliki pengaruh besar di kawasan ini.

3. Zaman Kolonial

Seperti sebagian besar wilayah di Indonesia, Lampung juga mengalami masa penjajahan oleh bangsa Belanda. Belanda mulai mendirikan benteng dan menguasai wilayah ini pada abad ke-18.

4. Perkembangan Ekonomi

Lampung memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah, seperti perkebunan kelapa sawit, karet, dan kopi. Pertanian dan perikanan juga menjadi sektor penting dalam perekonomian provinsi ini.

5. Keanekaragaman Budaya

Provinsi Lampung memiliki keanekaragaman budaya yang kaya. Suku-suku pribumi seperti suku Lampung, suku Saibatin, suku Abung, dan suku Pepadun merupakan bagian dari keberagaman budaya yang ada di sini.

Lampung merupakan provinsi dengan potensi alam dan budaya yang kaya, dan terus berusaha untuk memajukan diri dalam berbagai bidang untuk kesejahteraan masyarakatnya.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.