Jumat , 19 Juli 2024
Editor's PickHeadlineRuang SiswaTerpopuler

Untuk Mahasiswa! Pahami Cara Berikut agar Tulisan Kamu Layak Publikasi

Karya Ilmiah

Madingmu.com – Supaya karya ilmiah yang kamu buat menjadi layak dipublikasi, ada beberapa trik yang perlu kamu perhatikan. Menurut Koordinator Prodi Magister Ilmu Kebencanaan Universitas Syiah Kuala, Dr Rina Suryani Oktari, mahasiswa perlu memperbanyak referensi jurnal yang sudah dipublikasi dan memahami step systematic review.

Perempuan yang akrab dengan panggilan Okta itu mengatakan, seperti halnya menyusun puzzle, referensi ilmiah memberikan fondasi yang mendukung penelitian.

Dia pun mengingatkan agar mahasiswa membaca referensi penelitian terlebih dahulu.

Sering Membaca Literatur

Disampaikannya dalam kuliah tamu di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (Unair), Okta mengimbau agar mahasiswa sering-sering membaca literatur dari Sinta atau Scopus.

Pasalnya, dari sanalah bisa mendapatkan ide mengenai tulisan yang sekiranya layak dipublikasi.

Dilansir dari laman situs Unair (2/12/2023) menurut Okta dalam kuliah tamu bertajuk “How to Publish a Systematic Review: A-Z Tips For Beginers”  “Semisal kita sudah memiliki judul penelitian, carilah penelitian yang sejenis di Sinta atau Scopus. Di referensi tulisan kalian menggunakan analisis seperti apa, bisa kalian contoh. Namun kembali lagi, harus disesuaikan dengan penelitian yang akan kita lakukan,”

Menurutnya, memperbanyak referensi tidak hanya menambah sumber informasi saja, melainkan juga sumber inspirasi.

“Dengan adanya referensi baru, maka peneliti akan mendapati diri merasa terdorong untuk mengembangkan penelitian lebih lanjut atau mengajukan pertanyaan-pertanyaan baru yang menantang,” tutur Okta.

Pemahaman Systematic Review

Selain memperbanyak membaca jurnal, Okta juga mengingatkan agar mahasiswa memahami systematic review, yakni metode penelitian yang memadukan, menganalisis, dan menyimpulkan temuan dari berbagai penelitian yang relevan secara sistematis.

Metode systematic review merupakan alat yang kuat untuk memahami sebuah topik secara mendalam. Apabila mengikuti langkah-langkahnya, maka penulis dapat membuat suatu analisis yang objektif dan informatif.

Tujuan dari systematic review adalah memberikan gambaran yang komprehensif dan objektif tentang suatu topik. Okta menyebut ada beberapa langkah untuk melakukan systematic review.

Pertama, penulis perlu merancang pertanyaan dalam penelitian. Setelah itu, membuat protokol pertanyaan yang mencakup search strategy, ekstraksi data, sampai rencana analisis dan systematic review.

“Tidak berhenti disitu, kita masih harus menyiapkan kata kunci yang sesuai untuk proses screening literatur review supaya kita nanti bisa mengekstrak datanya. Setelah itu barulah laporan systematic review itu bisa kita tulis kemudian kita publish,” tuturnya.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.