Selasa , 5 Maret 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

6 Tips Mengatur Keuangan Agar Tidak Over Budget Saat Liburan Akhir Tahun

contoh perencanaan keuangan pribadi keluarga

Madingmu.com –  Menjelang pergantian tahun 2023 ke tahun 2024, banyak orang yang sudah mempersiapkan rencana untuk liburan akhir tahun bersama keluarga maupun sahabat. Liburan akhir tahun bisa menjadi salah satu cara untuk melepaskan penat setelah satu tahun ke belakang melakukan aktivitas yang melelahkan.

Akan tetapi, ketika hendak berlibur kamu tidak bisa mengabaikan anggaran dana yang dikeluarkan, lho. Kamu perlu mengatur keuangan sebelum pergi berlibur, supaya anggaran dana yang sudah disiapkan dari jauh-jauh hari tidak over budget.

Berikut adalah cara mengatur keuangan sebelum pergi liburan agar terhindar dari over budget.

  1. Mencatat Rencana Pengeluaran Secara Detail

Ada baiknya sebelum benar-benar pergi berlibur ke luar kota maupun luar negeri, terlebih dulu merencanakan pengeluaran secara mendetail. kamu bisa menuliskan list perkiraan pengeluaran yang akan digunakan untuk tiket pesawat, penginapan, biaya makan, transportasi, dan dana cadangan untuk pengeluaran tidak terduga lainnya.

Meski hanya gambaran kasar dari anggaran dana yang dikeluarkan, setidaknya kamu bisa memperkirakan budget yang dibutuhkan selama liburan agar tidak over budget. Syukur-syukur kalo pengeluarannya tidak melebihi budget, jadi bisa ditabung lagi deh uangnya.

  1. Mencari Promo dan Diskon

Salah satu hal penting yang bisa kamu lakukan sebelum mempersiapkan liburan akhir tahun adalah mencari promo dan diskon. Kamu bisa memanfaatkan potongan harga yang tersedia untuk membantu mengurangi pengeluaran ketika liburan.

Cobalah untuk mencari voucher promo, cashback, dan diskon untuk semua jenis kebutuhan saat liburan, seperti tiket pesawat, kamar hotel, atau tiket untuk ke tempat wisata. Pastikan untuk memesan tiket dari jauh-jauh hari agar menghindari kenaikan harga menjelang liburan akhir tahun, tapi juga masih ada banyak promo dan diskon yang bisa kamu dapatkan.

  1. Tentukan Tempat Wisata yang Tepat

Saat merencanakan pengeluaran dana selama liburan, kamu juga perlu menentukan tempat-tempat yang akan dikunjungi. Dengan budget yang kamu miliki, kamu sudah bisa memperkirakan tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi nantinya.

Bagaimana sih caranya agar tidak salah perkiraan biaya? Beauties bisa mencari informasinya terlebih dahulu dari internet ataupun meminta rekomendasi dari teman/sahabat/keluarga sebelum pergi berlibur. Hal ini berguna untuk merencanakan pengeluaran selama liburan agar tidak boros.

  1. Bijak Saat Berbelanja

Rasanya belum lengkap, pergi berlibur ke suatu kota atau negara tanpa membeli oleh-oleh dari sana. Pastinya kamu ingin membeli oleh-oleh untuk diberikan kepada teman, sahabat, dan keluarga.

Sayangnya, berbelanja oleh-oleh sering kali menjadi penyebab over budget saat liburan. Apalagi saat menemukan barang-barang unik dan berpikir jarang-jarang pergi kesana, biasanya jadi alasan kamu berbelanja tak ada hentinya.

Untuk menghindari over budget karena membeli oleh-oleh, kamu bisa membuat daftar siapa saja yang akan dibelikan oleh-oleh, dan apa saja yang rencananya akan dibeli. Hal ini dilakukan untuk menghindari pengeluaran yang membludak karena asal membeli barang.

  1. Siapkan Kebutuhan Selama Liburan

Jika tidak disiapkan dengan benar, faktor satu ini bisa jadi penyebab pengeluaran kamu boros saat liburan. Sebelum berangkat, siapkan segala kebutuhan yang sewaktu-waktu akan dibutuhkan, seperti obat-obatan, peralatan mandi, makanan ringan, dan barang-barang lainnya yang sekiranya dibutuhkan saat pergi berlibur.

Jangan sampai kamu mengeluarkan biaya mahal di sekitar tempat wisata karena mengingat barang tersebut memang dibutuhkan. Jadi, pastikanlah mengecek berulang kali semua perlengkapan dan kebutuhan sebelum benar-benar pergi berlibur.

  1. Membatasi Pengeluaran

Selama beberapa hari pergi liburan, ada baiknya untuk membatasi pengeluaran harian setiap harinya. Sebelum pergi berlibur, kamu sudah lebih dulu menyusun rencana liburan dan juga perkiraan pengeluaran biaya.

Kamu mengikuti rencana tersebut agar tetap berada di budget yang pas dan tidak melebihi. Akan tetapi jika sudah terlanjur melebihi batas pengeluaran, kamu bisa menyiasati pengeluaran di hari selanjutnya. Dengan begitu, rencana liburan tetap berjalan lancar dan keuangan tetap terkelola dengan baik.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu persiapkan sebelum pergi liburan akhir tahun agar tidak melebihi budget. Jangan sampai karena pergi liburan rekening kamu jadi boncos sesudahnya. Semoga bermanfaat dan Selamat Mencoba!

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan212
Literasi Keuangan34
Ruang Siswa139
Beasiswa234
School lifehack134
Hiburan184
Editor's Pick1149
Terpopuler1108
Opini10
Serba Serbi473

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.